Menilik Calon Semifinalis UEFA Nations League A 2020-2021

PRANCIS menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal UEFA Nations League A 2020-2021. Kepastian itu didapat setelah Les Bleus –julukan Prancis– menang 1-0 atas Portugal di matchday kelima Grup A3 UEFA Nations League 2020-2021, Minggu 15 November 2020 dini hari WIB.

Setelah melakoni lima pertandingan, Prancis asuhan Didier Deschamps mengoleksi 13 angka. Sebenarnya, koleksi poin Prancis masih bisa disamai Portugal di matchday terakhir. Hanya saja, sekalipun kedua tim memiliki poin yang sama, Prancis yang akan lolos ke semifinal UEFA Nations League karena unggul head-to-head.

Timnas Prancis

(Timnas Prancis lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020-2021)

Selain Prancis, tim-tim mana saja yang berpeluang lolos ke semifinal UEFA Nations League A 2020-2021? Berhubung Prancis sudah lolos, kini dicari tiga tim tersisa yang tampil di babak semifinal.

Dari Grup A1, saat ini ada tiga tim yang bersaing ketat memperebutkan satu tempat. Mereka ialah Italia yang mengoleksi sembilan angka, Belanda (8) dan Polandia (7). Namun, melihat lawan pamungkas di Grup A1, Gli Azzurri –julukan Italia– yang dijagokan lolos ke semifinal.

Sebab, Italia hanya akan bertandang ke markas Bosnia. Negara Edin Dzeko ini gagal meraih kemenangan dalam lima pertandingan awal, yang mana hanya mendapatkan dua poin.

 

Kemudian di Grup A2 tinggal Belgia dan Denmark yang memperebutkan satu tiket ke semifinal. Rode Duivels –julukan Belgia– saat ini memuncaki klasemen dengan koleksi 12 angka, unggul dua poin dari Denmark di tempat kedua. Inggris yang dijagokan lolos, malah tertahan di posisi tiga dengan koleksi tujuh angka.

Kebetulan di matchday pamungkas, Belgia dan Denmark saling bentrok. Berhubung laga digelar di kandang sendiri, Belgia racikan Roberto Martinez dijagokan lolos ke semifinal UEFA Nations League A 2020-2021.

Timnas Belgia

(Timnas Belgia selangkah lagi lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020-2021)

Selanjutnya, grup yang tidak kalah ketatnya merupakan Grup A4. Saat ini, Jerman dan Spanyol berturut-turut menduduki posisi satu dan dua dengan koleksi sembilan dan delapan angka.

Di laga pamungkas yang berlangsung Rabu 17 November 2020 dini hari WIB, Spanyol akan menjamu Jerman. La Furia Roja –julukan Spanyol– membutuhkan kemenangan untuk lolos ke semifinal, sedangkan Jerman Cuma butuh hasil imbang.

Jerman yang tidak terkalahkan dalam lima pertandingan, diprediksi memiliki peluang yang lebih besar lolos ke semifinal. Terlebih, mereka hanya butuh hasil imbang untuk tampil di empat besar.