Messi Nyaris Cetak ‘Gol Tangan Tuhan’ seperti Maradona

Lionel Messi nyaris mencatatkan namanya ke dalam sejarah dengan mencetak ‘gol tangan Tuhan’ seperti yang pernah dilakukan mendiang Diego Maradona.

Momen itu terjadi pada pertandingan Barcelona melawan Osasuna di pekan ke-11 Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (29/11).

Gol dengan tangan itu hampir dibuat Messi ketika Martin Braithwaite membobol gawang Sergio Herrera pada menit ke-29.

 

Jordi Alba memberikan umpan tarik kepada Philippe Coutinho yang dilanjutkan dengan tembakan ke gawang Osasuna, namun masih bisa ditepis kiper Herrera.

Bola muntah lalu disambar Braithwaite yang tetap bisa diblok Herrera. Tetapi pada percobaan kedua, Braithwaite bisa mencetak gol dengan lututnya.

Saat hendak masuk ke gawang, bola dari Braithwaite itu bergerak melambung. Dalam situasi itu Messi bergerak dari belakang sembari melompat dan mengangkat tangannya seperti hendak menyentuh bola.

Guna memastikan gol dan insiden Messi itu, wasit Antonio Mateu menggunakan VAR. Hasil pengecekan VAR mengesahkan gol Braithwaite dan tangan Messi tidak menyentuh bola.Gol tersebut diprotes pemain Osasuna. Setelah bola masuk ke dalam gawang, Messi sendiri sempat memberikan isyarat tidak menyentuh bola dengan tangan.

Seandainya Messi menyentuh bola dengan tangan dan gol itu disahkan, La Pulga bisa menyamai sejarah yang ditorehkan Diego Maradona.

Dalam pertandingan tersebut Messi mencetak satu gol yang membuat Barcelona menang 4-0 atas Osasuna. Dua gol lain datang dari Antoine Griezmann serta Coutinho.Maradona terkenal dengan ‘gol tangan Tuhan’ saat membobol gawang timnas Inggris di Piala Dunia 1986. Gol kontroversial itu juga yang menyingkirkan The Three Lions dari turnamen akbar tersebut.