Milan vs Juventus, Hati-hati Amuk Tuan Rumah

 

Jelang menghadapi Juventus dalam lanjutan Liga ItaliaAC Milan memiliki catatan gol yang impresif dan patut menjadi perhatian lawan.

Produktivitas Milan menjadi salah satu alasan memuncaki klasemen Liga Italia. Hingga pekan ke-15, Milan sudah mencetak 34 gol dan merupakan klub tersubur kedua setelah Inter Milan yang membobol gawang lawan sebanyak 40 kali.

Kendati kalah kuantitas gol secara keseluruhan, Milan tercatat tidak pernah absen mencetak gol dalam 17 laga kandang terakhir di Liga Italia. Kali terakhir Milan gagal mencetak gol adalah pada laga satu tahun lalu, 6 Januari 2020 ketika bermain imbang melawan Sampdoria.

 

Selalu mencetak gol dalam 17 pertandingan kandang merupakan rekor terbaru Milan sejak 2010.

Selain itu Milan juga tercatat selalu mencetak dua gol atau lebih dalam 17 pertandingan terakhir di Serie A.

AC Milan's Rafael Leao celebrates after scoring his side's opening goal during the Serie A soccer match between Sassuolo and AC Milan at the Mapei Stadium in Reggio Emilia, Italy, Sunday, Dec. 20, 2020. (Spada/LaPresse via AP)Rafael Leao salah satu pemain yang memiliki kontribusi gol di AC Milan. (Spada/LaPresse via AP)

Rutinitas Milan mencetak dua gol atau lebih hanya bisa dikalahkan Manchester United dengan 22 laga pada 1959, Bayern Munchen dengan 20 laga pada 2014, dan Barcelona yang pernah mencetak dua gol dalam 18 pertandingan pada 2013 dan 2006.

Sementara Juventus musim ini kesulitan membukukan clean sheet. Anak asuh Andrea Pirlo belum pernah bersih dari kebobolan dalam dua laga berurutan.

Sang juara bertahan merupakan salah satu klub dengan jumlah kebobolan sedikit di musim ini dengan catatan 14 kali kemasukan gol, hanya kalah dari Napoli yang 13 kali bobol dan setara dengan Verona.

Kendati demikian, Juventus patut waswas karena Milan musim ini tiga kali membobol gawang Napoli dan dua kali melesakkan bola ke gawang Verona.