Milan vs Juventus: Tes Rossoneri Layak Juara

 

AC Milan dalam kondisi hebat musim ini namun melihat klasemen sejatinya mereka tidak benar-benar dalam kondisi nyaman di puncak. Duel lawan Juventus bisa jadi ujian kelayakan bagi mereka di Liga Italia.

Milan mengarungi 15 laga awal Liga Italia musim ini dengan catatan 11 kemenangan dan empat hasil imbang. Hal itu menempatkan Milan sebagai pemuncak klasemen dengan nilai 37 poin.

Namun catatan spektakuler itu tidak sepenuhnya membuat Milan bisa bernapas lega sebagai pemuncak klasemen. Pasalnya dengan status tak terkalahkan tersebut, Milan hanya unggul satu poin atas Inter Milan yang duduk di peringkat kedua.

 

Hal itu berarti Milan sama sekali tidak boleh lengah di tiap laga yang mereka mainkan, termasuk dalam duel lawan Juventus, Kamis (7/1) dini hari WIB.

Juventus' Dejan Kulusevski celebrates after scoring his side's first goal of the game during the Italian Serie A soccer match between Parma and Juventus at the Ennio Tardini stadium in Parma, Italy, Saturday, Dec. 19, 2020. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)Juventus masih tercecer di posisi kelima Liga Italia. (AP/Massimo Paolone)

Hasil imbang atau kalah membuat Milan rentan tergusur oleh Inter yang bakal menghadapi Sampdoria terlebih dulu di laga tengah pekan ini.

Menghadapi Juventus bukan perkara mudah bagi Milan. Meski saat ini terpuruk di posisi kelima, Juventus adalah tim dengan mental dan kematangan tingkat tinggi dan penguasa Italia dalam satu dekade terakhir.

Dalam rekor pertemuan, Milan pun inferior di beberapa laga terakhir readyviewed sebelum akhirnya bisa menang atas Juventus dengan skor 4-2 di pengujung musim lalu.

Performa apik tersebut yang harus bisa kembali ditampilkan Milan di laga ini. Rossoneri telah membuktikan bahwa mereka tak sepenuhnya bergantung pada Zlatan Ibrahimovic.

Gol-gol tetap mengalir dari kaki-kaki pemain Milan yang lain selama Ibrahimovic terkapar karena cedera. Ante Rebic, Rafael Leao, Franck Kessie, hingga Theo Hernandez bergantian jadi mesin gol Milan selama Ibrahimovic cedera.

Andai bisa melewati Juventus dengan catatan kemenangan, Milan bisa berbicara lebih keras tentang peluang meraih scudetto musim ini. Pasalnya, sebelum ini Milan juga sudah mengantongi kemenangan atas rival-rival dalam perburuan scudetto seperti Inter Milan dan Napoli.

Milan sendiri terakhir kali meraih scudetto pada 2010/2011 sebelum kemudian Juventus menjadi juara dalam sembilan musim beruntun.