Mir vs Rins Berebut Jadi Pembalap Pertama Suzuki Juara MotoGP

 

Joan Mir dan Alex Rins bersaing ketat mengukir namanya dalam sejarah sebagai pembalap pertama Suzuki yang sukses meraih juara dunia di era MotoGP.

Sejauh ini, Suzuki sudah mengoleksi enam gelar juara di kelas utama. Namun, pabrikan asal Jepang tersebut belum pernah juara di era MotoGP yang baru dimulai sejak 2002.

Sebelumnya, Suzuki sudah pernah merasakan gelar juara dunia berkat penampilan impresif Barry Sheene, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz, dan Kenny Roberts Jr di kelas 500cc.

 

Kenny Roberts Jr jadi pembalap terakhir Suzuki yang sukses mengunci gelar juara dunia di kelas utama 500cc pada tahun 2000.

Sayang, Kenny Roberts Jr gagal meraih prestasi terbaik di musim selanjutnya bahkan hingga era MotoGP. Mir dan Rins berpeluang mengembalikan kejayaan Suzuki di MotoGP 2020.

Saat ini Mir kukuh di puncak klasemen MotoGP 2020 dengan nilai 162 atau unggul 37 poin dari rival terdekat yang juga rekan setim di Suzuki, Alex Rins.Kenny Roberts juga jadi pembalap terakhir di Suzuki sebelum Joan Mir yang sukses memimpin klasemen di kelas utama. Kenny Roberts berhasil melakukan itu 20 tahun lalu atau saat menjuarai Grand Prix 500cc.

Rins tercatat berada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2020 meski mengemas nilai yang sama dengan Fabio Quartararo, yakni 125 poin.

Mir saat ini jadi favorit juara MotoGP 2020 dengan dua seri tersisa. Namun, segalanya masih bisa terjadi di MotoGP. Mir bisa saja gagal finis dan gelar juara dunia jatuh ke tangan Rins.