Misteri Motor Tim VR46 Rossi di MotoGP: Aprilia atau Ducati?

Misteri sepeda motor yang akan digunakan tim VR46 milik Valentino Rossi di MotoGP 2022 mengerucut ke dua pabrikan, yakni Aprilia dan Ducati.

CEO VR46 Alberto Tebaldi mengatakan hingga saat ini belum ada keputusan terkait sepeda motor yang akan digunakan tim Aramco Racing Team VR46. Sebelumnya ada empat tim pabrikan yang dihubungkan dengan VR46: Yamaha, Ducati, Aprilia dan Suzuki.

Yamaha hampir pasti tidak masuk pilihan VR46, meski Direktur Yamaha MotoGP Lin Jarvis memastikan pihaknya siap menyuplai sepeda motor untuk VR46 jika masuk MotoGP.

 

Pasalnya, VR46 tidak mau menjadi tim satelit pilihan kedua, karena Yamaha masih memiliki kerja sama dengan Petronas. VR46 hanya ingin tim pabrikan yang benar-benar mendukung mereka.

Tebaldi juga memastikan Suzuki hampir pasti tidak masuk pilihan VR46. Kondisi tersebut membuat Aprilia dan Ducati menjadi kandidat utama penyedia sepeda motor untuk VR46 di MotoGP.

“Saya tak punya hak untuk membicarakan. Saya hanya bisa mengatakan kami yakin Aprilia akan memiliki sepeda motor kompetitif dan mereka melakukan tugas luar biasa,” ucap Tebaldi dikutip dari GP One.

Penampakan VR46 MotoGP 2022Penampakan sepeda motor VR46 di MotoGP 2022. (Tangkapan layar instagram @SkySportMotoGP)

“Selain itu saya tidak yakin Suzuki akan memiliki dua sepeda motor lagi. Kami akan mengambil keputusan berdasarkan dukungan yang bisa diberikan tim pabrikan. Itu yang paling penting,” sambung Tebaldi.

Terkait peluang Ducati menjadi tim pabrikan tim VR46 di MotoGP, Tebaldi juga tidak bisa menjawab. Tebaldi hanya memastikan Rossi senang dengan kerja sama yang terjalin antara VR46 dengan Esponsorama di MotoGP 2021. Esponsorama merupakan tim satelit yang menggunakan sepeda motor Ducati.

Aprilia saat ini tidak memiliki tim satelit di MotoGP, sedangkan Ducati memiliki Esponsorama sebagai tim satelit.”Rencana masuk MotoGP sudah berlangsung lama, jadi tahun lalu kami mengambil pilihan bergabung dengan Esponsorama. Rossi sangat senang, karena kami hidup di olahraga ini, dan senang bisa bersaing di MotoGP,” ucap Tebaldi.

Live streaming MotoGP Spanyol 2021 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan akan disiarkan Trans7.