Mohamed Salah, Si Sensasi Empat Musim Liverpool

 

Mohamed Salah sempat disebut hanya melakukan ‘sensasi satu musim’ ketika gemilang di musim perdana bersama Liverpool. Kini, Salah konsisten membuktikan ia memang pemain hebat dengan catatan 20 gol untuk Liverpool selama empat musim beruntun.

Salah mencetak dua gol ke gawang West Ham dan readyviewed membawa Liverpool meraih kemenangan 3-1 di akhir pertandingan. Catatan dua gol tersebut membuat Salah sudah mencetak 15 gol di Liga Inggris musim ini dan tercatat sebagai penyerang tertajam sejauh ini.

Secara total, Salah juga sudah mencetak 21 gol untuk Liverpool musim ini. Jumlah tersebut membuat Salah berhasil menorehkan 20 gol atau lebih untuk empat musim beruntun di Liverpool.

 

Mohamed Salah jadi pemain pertama Liverpool yang mampu mencetak 20 gol atau lebih semusim untuk empat musim beruntun sejak Ian Rush di era 80-an. Saat itu Ian Rush total mencetak 20 gol atau lebih semusim untuk enam musim beruntun dari 1981-1986.

Liverpool's Mohamed Salah, right, celebrates after scoring his side's second goal during the English Premier League match between West Ham and Liverpool at the the London Stadium in London, Sunday, Jan. 31, 2021. (Clive Rose/Pool via AP)Mohamed Salah mencetak dua gol ke gawang West Ham. (AP/Clive Rose)

Pencapaian Salah di Liverpool yang terus subur hingga musim keempat adalah bukti bahwa Salah memang pemain papan atas. Ketajaman Salah hingga saat ini juga terus membungkam keraguan terhadap Salah.

Di musim pertamanya, Salah mampu mencetak 44 gol untuk Liverpool dan banyak yang meyakini bahwa Salah tidak akan mampu tampil tajam di musim berikutnya alias hanya menjadi ‘sensasi satu musim’.

Namun pemain asal Mesir itu mampu terus produktif dan jadi bagian penting dari Liverpool yang berhasil memenangkan Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Inggris.

Meski demikian, catatan gol Salah memang belum lagi menyamai catatan 44 gol yang ia bukukan di musim pertama. Salah mencetak 27 gol di musim kedua dan membukukan 23 gol di musim lalu karena terganggu cedera.

Dengan koleksi 21 gol saat kompetisi baru berjalan setengah musim, Salah punya peluang untuk setidaknya melampaui catatan dua musim terakhir meski ia harus berusaha keras untuk bisa menyentuh angka 40-an gol.

Liverpool sendiri masih berkompetisi di Liga Inggris dan Liga Champions