MotoGP 2021: Wajah Tim Jagoan Banyak Berubah

 

MotoGP 2021 ditandai dengan perubahan line up dari pabrikan-pabrikan besar yang membidik juara dunia di akhir musim.

Ducati yang sebelumnya selalu bertumpu pada Andrea Dovizioso, dan juga Danilo Petrucci dalam dua musim terakhir, memiliki line up baru untuk MotoGP 2021.

Dua pembalap Pramac Racing, Jack Miller dan Pecco Bagnaia ditarik ke tim pabrikan. Kedatangan Miller di pabrikan Ducati bakal menarik dan menambah panas persaingan perebutan juara dunia.

 

Miller sudah lama diyakini sebagai salah satu pembalap yang mampu menandingi Marc Marquez. Dengan menunggangi motor pabrikan, Miller bakal dukungan lebih maksimal dibandingkan sebelumnya.

 

Di Yamaha, Fabio Quartararo akan merasakan dukungan tim pabrikan. Setelah membuang kesempatan jadi juara dunia MotoGP 2020 karena performa buruk di akhir musim, Quartararo kini siap diandalkan Yamaha untuk bisa jadi juara dunia.Bagnaia juga tak bisa dipandang sebelah mata. Bersama Pramac, Bagnaia bisa mencuat di beberapa balapan MotoGP 2020. Keunggulan Miller dan Bagnaia adalah mereka sudah pernah menunggangi Ducati sehingga tak perlu banyak adaptasi.

Tandem Quartararo dan Maverick Vinales membuat Yamaha bisa berharap mengakhiri dahaga gelar juara dunia yang terakhir kali mereka rasakan pada 2015 lewat Jorge Lorenzo.

Di Repsol Honda, Pol Espargaro datang sebagai rekan duet Marc Marquez. Proses adaptasi Espargaro bersama Honda bakal memiliki peran penting terhadap penampilan Espargaro di awal musim.

Espargaro yang sempat mengenyam gelar juara dunia Moto2 pada 2013 punya kesempatan terbaik untuk mengukir prestasi di MotoGP bersama Honda musim ini.

Sedangkan Suzuki yang berjaya musim lalu bakal tetap mengandalkan Joan Mir dan Alex Rins. Suzuki berhasil membangun kombinasi yang kuat bersama dua pembalap tersebut.

Sementara itu di tim satelit, kepindahan yang paling menyita perhatian banyak orang tentu adalah kepindahan Valentino Rossi ke Petronas Yamaha. Status pembalap tom satelit bisa membuat Rossi bisa tampil lebih lepas dibandingkan sebelumnya.

MotoGP 2021 bakal memulai seri perdana di MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Losail, Senin (29/3) dini hari pukul 00.00 WIB. Balapan MotoGP Qatar bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7