MotoGP Eropa 2020: Penanda 3 Final Dimulai

 

MotoGP Eropa 2020 di Sirkuit Valencia, Minggu (8/11), menjadi penanda dimulainya tiga final seri MotoGP musim ini. Perebutan gelar juara dunia MotoGP 2020 akan ditentukan dalam tiga pekan ke depan.

Triple header balapan MotoGP akan berlangsung mulai akhir pekan ini. Setelah MotoGP Eropa pada 8 November, MotoGP Valencia akan berlangsung di sirkuit yang sama pada 15 November mendatang. Sementara seri terakhir akan berlangsung di MotoGP Portugal pada 22 November.

Live streaming MotoGP Eropa bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com dan siaran langsung melalui stasiun televisi Trans7. Begitu juga dengan MotoGP Valencia dan MotoGP Portugal.

 

Memasuki MotoGP Eropa, perebutan gelar juara dunia MotoGP 2020 masih sangat sulit ditebak. Pembalap Suzuki Joan Mir masih berada di puncak klasemen sementara dengan torehan 137 poin, unggul 14 poin atas pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo.

Namun, bukan hanya Mir dan Quartararo saja yang memiliki peluang besar menjadi juara dunia MotoGP 2020. Pasalnya, Mir hanya unggul 32 poin atas rekan setimnya di Suzuki, Alex Rins, yang saat ini berada di posisi enam klasemen.

Di klasemen pabrikan, Yamaha berada di puncak klasemen dengan 208 poin, unggul 37 poin atas Ducati. Sementara Suzuki Ecstar masih memimpin klasemen kejuaraan dunia tim dengan 242 poin, unggul tujuh poin atas Petronas Yamaha.

MotoGP Eropa juga bisa menjadi penanda kembalinya Valentino Rossi. Pembalap Monster Energy Yamaha itu telah absen dua seri balapan di MotoGP Aragon dan Teruel karena terjangkit Covid-19.

Sementara pembalap Repsol Honda yang juga juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, memiliki peluang yang kecil untuk tampil di MotoGP Eropa. The Baby Alien bahkan dikabarkan tidak akan menjalani sisa balapan musim ini.