Negatif Covid, Rossi Dipastikan Tampil di MotoGP Valencia

 

Valentino Rossi dipastikan bisa tampil dalam ajang MotoGP Valencia setelah dinyatakan negatif virus corona (Covid-19). The Doctor sebelumnya disebut kembali positif virus corona jelang balapan akhir pekan ini.

“Yamaha Motor Co., Ltd. dan Monster Energy Yamaha MotoGP dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Valentino Rossi akan dapat ambil bagian dalam Gran Premio de la Comunitat Valenciana akhir pekan ini,” dikutip dari situs resmi Monster Energy Yamaha, Jumat (13/12).

Rossi dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR pada Selasa (10/11). Pebalap senior itu lantas diminta untuk melakukan dua kali tes lanjutan, sesuai peraturan FIM, agar diizinkan mengambil bagian dalam GP Valencia.

 

Tes pertama dilakukan Rosi pada Rabu (11/11) dan hasilnya negatif. Ia kembali melakukan tes Kamis (12/11) di kediamannya. Setelah itu, Rossi langsung melakukan perjalanan menuju Valencia, Spanyol.

“Kedua tes lanjutan menunjukkan hasil negatif Covid-19, mengonfirmasi kehadiran Rossi untuk balapan akhir pekan ini,” demikian pernyataan resmi tersebut.

Sebelumnya, Rossi terancam tak bisa tampil di MotoGP Valencia karena tes virus corona terbaru menyatakan The Doctor positif. La Gazzetta dello Sport menyebut hasil positif pada tes Covid-19 yang dilakukan Rossi masih harus ditindaklanjuti karena bisa saja terindikasi false positive atau tes mengeluarkan hasil positif namun sebenarnya tidak terinfeksi.

Kasus Covid-19 sebelumnya sudah pernah menggagalkan Rossi tampil di MotoGP Aragon dan MotoGP Teruel.

Dua kali gagal tampil lantaran terjangkit Covid-19 turut memperburuk performa Rossi di klasemen pembalap, selain lima kegagalan finis pada musim ini. Di klasemen, Rossi terpaku dengan 58 poin dan kini ada di peringkat ke-15.

Pada balapan akhir pekan lalu di MotoGP Eropa, Rossi yang kembali bersaing di lintasan selepas terindikasi mengidap virus corona hanya mampu tampil dalam lima lap pertama dan harus mengakhiri balapan lebih cepat.

Live streaming MotoGP Valencia 2020 dapat disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan bisa ditonton di Trans7.