Neraka Grup H: Belum Ada yang Lolos, Tiga Tim Koleksi 9 Poin

Grup H Liga Champions menyajikan persaingan sengit menjelang matchday penutup. Manchester United, Paris Saint-Germain, dan RB Leipzig sama-sama mengoleksi sembilan poin.

Di saat mayoritas grup lain sudah menghasilkan tim yang dipastikan melaju ke fase gugur atau bahkan juara dan runner up, Grup H masih menyisakan persaingan perebutan dua tiket ke babak 16 besar.

Untuk sementara Man United memimpin, disusul PSG dan Leipzig. Sementara Istanbul Basaksehir dipastikan sudah tereliminasi dari persaingan lantaran baru mengoleksi tiga poin dan tidak mungkin merangsek masuk ke posisi tiga besar.

 

Man United, PSG, dan Leipzig sama-sama mengoleksi sembilan poin dari tiga kemenangan. Ketiganya juga sudah dua kali mengalami kekalahan.

Di antara ketiga klub tersebut, The Red Devils memiliki produktivitas dan selisih gol terbaik. Anak asuh Ole Gunnar Solskjaer sudah mencetak 13 gol dan kebobolan tujuh kali.

PSG's Marquinhos scores his side's second goal during a Group H Champions League soccer match between Manchester United and Paris Saint Germain at the Old Trafford stadium in Manchester, England, Wednesday, Dec. 2, 2020. (AP Photo/Dave Thompson)Marquinhos membobol gawang Manchester United. (AP Photo/Dave Thompson)

Sementara PSG mencetak delapan gol dan lima kali bobol, sedangkan Leipzig delapan kali membobol gawang lawan dan 10 kali kemasukan.

Untuk menghitung persaingan ketiga klub tersebut menggunakan head to head antara Man United, PSG, dan Leipzig.

Jika dihitung poin dan selisih gol tiga klub teratas di Grup H tersebut, Man United kini mengumpulkan enam poin, hasil dari kemenangan atas PSG dan Leipzig.

Manchester Merah juga unggul secara perbedaan gol. Dalam laga melawan PSG dan Leipzig, Man United surplus empat gol dan PSG surplus satu gol. Sedangkan PSG surplus satu gol dan Leipzig minus lima.PSG pun mengumpulkan enam poin berkat kemenangan atas MU dan Leipzig. Sementara Leipzig baru mengoleksi tiga poin yang merupakan poin kemenangan atas PSG.

Sementara satu grup lain yang juga belum menghasilkan juara, runner up, dan tim lolos ke babak 16 besar adalah Grup B yang dihuni Borussia Monchengladbach, Shakhtar Donetsk, Real Madrid, dan Inter Milan.

Gladbach memimpin dengan delapan poin, unggul satu poin atas Shakhtar dan Madrid. Sementara Inter mengoleksi lima poin. Keempat klub tersebut masih memiliki kesempatan melaju ke babak 16 besar.