Oblak: Tak Ada Taktik Tepat untuk Bungkam Messi

 

Kiper Atletico MadridJan Oblak memberikan gambaran bahwa segala taktik yang dipersiapkan lini belakang untuk mengantisipasi Lionel Messi seringkali bisa dipatahkan.

Oblak adalah salah satu kiper yang sering menghadapi Messi. Ia punya gambaran betapa sulitnya mengawal megabintang asal Argentina tersebut.

“Secara normal sebagai kiper, kami sering berteriak untuk membantu bek namun saya tahu hal itu sulit bila ada Messi di tim lawan.”

“Bek sudah melakukan yang terbaik namun sulit untuk melakukan apapun secara taktik untuk menghentikan Messi karena kalian tidak akan pernah tahu hal yang akan dia lakukan,” ucap Oblak seperti dikutip dari Sky Sports.

Atletico Madrid's goalkeeper Jan Oblak dives for the ball during a first leg, round of 16, Champions League soccer match between Atletico Madrid and Liverpool at the Wanda Metropolitano stadium in Madrid, Spain, Tuesday Feb. 18, 2020. (AP Photo/Bernat Armangue)Jan Oblak punya banyak pengalaman menghadapi Lionel Messi. (AP Photo/Bernat Armangue)

Oblak hanya bisa menyatakan bahwa hal terbaik yang bisa dilakukan pemain belakang untuk menghentikan Messi adalah hanya dengan berusaha keras mengikutinya.

Namun penjagaan keras itu juga harus diwaspadai agar tak menimbulkan pelanggaran di area berbahaya di sekitar kotak penalti.

“Hal yang paling bisa dilakukan adalah berusaha keras dan ketika melihat Messi, jangan pernah melepasnya. Coba merebut bola darinya namun jangan sampai melakukan pelanggaran di dekat gawang.”

“Karena dia adalah pemain yang hebat dalam tendangan bebas. Dia hebat dalam hal apapun,” kata Oblak.

Bagi Oblak, sulit bagi pemain belakang untuk mengatur jarak dengan Messi karena tidak ada jarak yang benar-benar ideal untuk membayangi pemain kidal tersebut.

“Bila kamu terlalu dekat, dia akan mudah melewatimu. Bila kamu terlalu berjarak, dia akan melakukan tembakan.”

“Sungguh tidak mudah untuk menentukan cara bertahan melawannya karena dia sangat tidak bisa diprediksi. Sungguh mustahil,” ucap kiper asal Slovenia itu.