Panpel Bantah Tuduhan Rasial di Laga Persib vs Bali United

Ketua Organizing Committee (OC) atau panitia penyelenggara Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita, membantah tuduhan tindakan rasial yang terjadi di laga Grup C antara Persib Bandung vs Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/3)

Setelah babak pertama, media sosial dihebohkan dengan video viral cuplikan pertandingan dengan backsound atau suara latar berupa yel-yel yang terdengar rasial terhadap salah satu kelompok suporter.

Usai mendapatkan kabar tersebut, Hadian Lukita langsung melakukan investigasi untuk mengetahui kebenaran dan fakta yang sesungguhnya.

 

“Termasuk menghubungi tim produksi dan mengamati detail yang terjadi pada saat siaran dilakukan. Kami juga membandingkan video yang ada dengan fakta yang sebenarnya selama proses siaran berlangsung,” ungkap Hadian Lukita melalui rilis resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (25/3).

Hasil investigasi yang dilakukan secara detail pada proses siaran langsung tersebut, ternyata tidak ditemui audio yang berbau rasial atau menjatuhkan kelompok suporter lain.

“Video dan audio pada saat siaran langsung terbilang clear. Tidak ada indikasi yang melecehkan kelompok lain atau rasis. Kami pastikan, cuplikan video yang beredar ke publik tersebut adalah hasil editan,” tegasnya.

Bahkan, lanjutnya, beberapa jam setelah video cuplikan pertandingan beredar ke publik, muncul permintaan maaf dari sebuah akun media sosial yang berisi pengakuan bahwa video rasial yang viral itu hoaks atau berita bohong.

“Kami mengimbau kepada seluruh netizen, pecinta sepak bola nasional, dan penonton yang di rumah. Mari kita saling menghargai dan menjaga kelangsungan Piala Menpora 2021. Jangan bikin gaduh, walau di dunia maya. Mohon dipahami dan sama-sama berkomitmen. Bagaimana pun, sepak bola telah menyatukan kita semua,” ujar Hadian Lukita.