Penyebab Jerman Kalah: Timo Werner Tak Bisa Tendang Bola

Kegagalan Timo Werner memanfaatkan peluang emas jadi salah satu sebab Jerman harus kalah dari Makedonia Utara di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timo Werner dimasukkan Joachim Loew di awal babak kedua untuk menggantikan Kai Havertz ketika Jerman tertinggal 0-1.

Timo Werner lalu mendapatkan peluang emas untuk membawa Jerman berbalik unggul 2-1 setelah sebelumnya Ilkay Gundogan menyamakan kedudukan lewat penalti. Momen tragis bagi Werner itu terjadi di menit ke-80.

 

Dalam sebuah skema serangan, Ilkay Gundogan berhasil menerobos pertahanan Makedonia Utara. Gundogan sampai di kotak penalti dan melihat posisi Werner yang berdiri bebas di muka gawang.

Soccer Football - World Cup Qualifiers Europe - Group J - Germany v North Macedonia - MSV-Arena, Duisburg, Germany - March 31, 2021 Germany's Timo Werner misses a chance to score Pool via REUTERS/Thilo SchmuelgenMomen ketika Timo Werner tidak bisa menendang bola dengan sempurna dan membuang peluang emas. (Pool via REUTERS/THILO SCHMUELGEN)

Gundogan lalu menyodorkan bola dengan mulus ke arah Timo Werner. Penyerang Chelsea itu berdiri bebas dan siap melepaskan tembakan dengan kaki kiri.

Namun bola tidak bisa ditendang dengan sempurna oleh Werner. Bola pun bergulir jauh di sebelah kiri gawang. Andai peluang tersebut bisa dimaksimalkan Werner, alur pertandingan mungkin bisa berubah menjadi sepenuhnya milik ‘Der Panzer’.

Nasib Timo Werner makin miris karena lima menit kemudian, Makedonia Utara berhasil kembali unggul 2-1. Menariknya, gol yang diciptakan Eljif Elmas nyaris serupa dengan peluang emas yang dibuang oleh Timo Werner.

Elmas meneruskan umpan mendatar dari Arijan Ademi dari sisi kanan pertahanan Jerman. Elmas tak menyia-nyiakan peluang emas itu lewat tembakan akurat ke gawang dari jarak dekat.