Pertahanan Keropos, Rekor Kandang Liverpool di Liga Inggris dalam Ancaman Leicester

LIVERPOOL memiliki catatan bagus dengan tidak terkalahkan dalam 63 laga kandang Liga Inggris. Akan tetapi, rekor itu dalam ancaman Leicester City yang akan menjadi lawan Liverpool pada pekan kesembilan Liga Inggris 2020-2021.

Pertandingan Liverpool kontra Leicester akan berlangsung di Anfield Stadium, Senin 23 November 2020, dini hari WIB. The Reds biasanya diprediksi menang atau minimal meraih hasil imbang setiap kali bermain kandang, tetapi tidak kali ini.

Andy Robertson dan Virgil van Dijk (Foto: Premier League)

Liverpool dalam keadaan kurang menguntungkan saat menjamu Leicester. Sebab, pertahanan Liverpool tidak akan diperkuat empat pemain terbaiknya. The Reds –julukan Liverpool– kehilangan Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, dan Andy Robertson.

Robertson adalah pemain ternyar di pertahanan Liverpool yang menderita cedera. Pemain asal Skotlandia itu menderita cedera hamstring saat membela negaranya. Cedera Robertson terjadi selang empat hari setelah Gomez mencederai otot tendon pada lutut kirinya bersama Inggris. Gomez harus absen panjang untuk memulihkan diri.

 

Sebelum Robertson dan Gomez, Liverpool lebih dulu kehilangan Van Dijk dan Trent. Van Dijk cedera ACL sehingga absen panjang dan Trent butuh waktu empat minggu untuk pulih dari cedera betisnya.

Absennya empat bek inti membuat pertahanan Liverpool dalam keadaan darurat. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, harus memilih para pemain di bangku cadangan untuk membentuk barisan pertahanan baru di depan gawang Alisson Becker.

Selain kehilangan barisan pertahanan terkuatnya, lini tengah Liverpool juga tidak akan diperkuat Thiago Alcantara, Fabinho, dan Alex Oxlade-Chamberlain. Alcantara dan Fabinho diperkirakan kembali dalam waktu dekat, tetapi belum ada konfirmasi lebih lanjut kapan kedua pemain itu bisa bermain.

Sementara itu, Chamberlain dipastikan absen saat Liverpool menjamu Leicester. Lini tengah Liverpool kemungkinan juga tidak akan diperkuat sang kapten, Jordan Henderson.

Pemain asal Inggris itu menderita cedera saat membela negaranya. Akan tetapi, belum diketahui jenis cedera dan berapa lama waktu yang dibutuhkan Henderson untuk pulih.

Penderitaan Liverpool semakin lengkap karena Mohamed Salah pun dinyatakan positif Covid-19 oleh Federasi Sepakbola Mesir. Kekuatan lini depan Liverpool pun berkurang karena Salah adalah top skor klub musim ini dengan torehan 10 gol dan satu assist. Jika menilik kondisi sekarang, The Foxes –julukan Leicester– punya peluang untuk mempermalukan Liverpool di kandang sendiri.