Phillip Cocu Dipecat Derby County, Wayne Rooney Punya Peran Baru

LONDON – Wayne Rooney mendapatkan promosi kenaikan jabatan setelah Derby County memecat Phillip Cocu. Rooney, eks pemain Manchester United tersebut akan menjadi pelatih sementara tim berlambang Domba tersebut.

Cocu dipecat karena tidak berhasil mengangkat performa Derby di divisi Championship 2020-2021, kasta kedua Liga Inggris. Mereka hanya meraih sekali kemenangan, tiga kali seri, tujuh kalah dari 11 pertandingan.

Foto/Premier League

Akibat hasil buruk tersebut, Derby mengisi posisi terbawah klasemen sementara. Mereka hanya mampu meraih enam poin.

 

Selain Cocu, Derby juga memecat dua staf kepelatihan era Cocu. Keduanya adalah asisten pelatih Chris van der Weerden dan Twan Scheepers.

Setelah pemecatan Cocu, Derby mengonfirmasi telah mengangkat Rooney sementara. Derby pada laga terdekat akan menghadapi Bristol City pada pekan depan.

Rooney sesndiri sejak bergabung dengan Derby pada Januari lalu tidak awam dengan dunia kepelatihan. Dia kerap menjalankan dua tugas sekaligus, yakni sebagai pemain-pelatih.

Dalam pertandingan melawan Bristol, Rooney tidak akan bekerja sendiri. Eks penyerang Man United tersebut akan dibantu jajaran pelatih seperti Shay Given, Liam Rosenior dan Justin Walker hingga Derby mengumumkan pengganti permanen.

“Yang terpenting adalah menciptaksan stabilitas di klub ini dan mulai menanjak di klasemen,” kata Rooney mengutip Reuters, Minggu (15/11/2020).

“Saya diminta untuk menjadi bagian staf pelatih untuk pertandingan Sabtu pekan depan.”

“Saya turut menyesal Phillip dan stafnya harus pergi meniggalkan klub. Secara personal saya mengucapkan terima kasih atas bantuannya dan dorongannya sebagai bagian dari jajaran staf kepelatihannya,” pungkas Rooney.