Prediksi Bola Barito Putera vs Persikabo

K7bola– Lanjutan Piala Menpora 2021 Grup A matchday 3  akan mempertemukan Barito Putera vs Persikabo digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3/2021) pukul 15.15 WIB.

Peluang Laskar Antasari untuk lolos ke babak 8 besar terbuka lebar. Skuad arahan Djadjang Nurjaman itu hanya membutuhkan hasil imbang pada laga terakhir penyisihan grup melawan TIRA Persikabo.

Sebelumnya dalam 2 laga yang telah dijalani, Bayu Pradana dan kawan-kawan meraup sekali menang dan sekali imbang. Tim asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu telah memasukkan 5 gol dan kebobolan 4 gol.

Di lain pihak, TIRA Persikabo juga masih memiliki kesempatan menuju perempat final kendati peluangnya relatif lebih kecil. Selain mesti menang dengan skor telak, lolos tidaknya anak asuh Igor Kriushenko itu tergantung pada hasil laga lainnya (Arema FC vs PSIS).

Berdasarkan head to head (H2H) dalam 5 pertemuan termutakhir, Barito Putera dan TIRA Persikabo sama-sama mendulang 2 kemenangan. Satu-satunya hasil imbang terjadi pada Agustus 2017. Kala itu, kedua tim mengakhiri laga dengan skor sama kuat 1-1.

Secara permainan, kerja sama dan kolektivitas menjadi keunggulan Barito Putera meski materi pemain yang dimiliki tidak terlalu mewah. Hal ini terbukti dari total 5 gol yang telah tercipta.

Alih-alih mengandalkan striker asing, Bissa Donald, yang tengah menjalani masa percobaan, para pemain berposisi gelandang justru berkontribusi besar dalam membobol gawang lawan. Bayu Pradana, Alif Jaelani, Rizky Pora, dan Beni Oktovianto masing-masing telah menorehkan satu gol.

Dari sisi non-teknis, mental bertanding Barito Putera juga cukup menjanjikan. Pada laga pertama melawan PSIS, misalnya, kendati sempat tertinggal 3 gol, Djadjang Nurjaman merespons dengan strategi yang tepat sehingga sukses menyamakan kedudukan.

Pun begitu pula di laga kedua melawan Arema FC. Ketika itu, kiper M. Riyandi berhasil menahan tendangan penalti lawan yang dieksekusi Bruno Smith saat pertandingan memasuki menit-menit akhir sehingga keunggulan 2-1 bisa diamankan hingga laga usai.
“Empat tim masih mempunyai peluang lolos 8 besar di Piala Menpora, termasuk Barito Putera. Kami bersama para pemain sudah bertekad untuk tidak menyiakan peluang ini, untuk meraih poin agar lolos ke babak berikutnya,” ucap Djadjang Nurjaman.

Sementara itu, Igor Kriushenko selaku pelatih TIRA Persikabo mengindikasikan bakal tampil menyerang sejak sepak mula. Pasalnya, dengan mencuri gol cepat, kata Igor, dapat membuat semangat tim lebih baik sehingga memungkinkan untuk mencetak gol-gol selanjutnya.

Tak hanya itu, faktor konsentrasi juga perlu ditingkatkan apabila hasil minor dalam dua laga sebelumnya tidak ingin terulang. Kelengahan lini belakang sebagaimana dalam laga kedua melawan PSIS wajib diminimalisir.

“Kami akan menganalisa bagaimana mereka [Barito Putera] bermain. Selain itu, kami sudah ada skema untuk pertandingan. Saya sudah bicara pada pemain soal apa yang harus diperbaiki di laga selanjutnya. Kami harus berusaha dari awal sampai akhir,” tegas Igor.

Melihat situasi dan kondisi terkini, potensi Barito Putera untuk setidaknya meraih hasil imbang sangat terbuka lebar. Sebaliknya, sulit rasanya bagi TIRA Persikabo bisa mencetak gol cepat andai tidak melakukan pembenahan yang signifikan.

Prediksi Bola  Barito Putera vs Persikabo 1-1.

Skor H2H Barito Putera vs TIRA Persikabo

30/08/2017: TIRA Persikabo vs Barito Putera 1-1

04/06/2018: TIRA Persikabo vs Barito Putera 1-0
05/11/2018: Barito Putera vs TIRA Persikabo 3-1
09/08/2019: Barito Putera vs TIRA Persikabo 2-4
02/12/2019: TIRA Persikabo vs Barito Putera 0-1

Perkiraan Susunan Pemain

Barito Putera: M. Riyandi; Bagas Kaffa; Cassio de Jesus; M. Rifli; Rifly Suryawan; Bayu Pradana; Luthfi Kamal; Alif Jaelani; Ambrizal Umanailo; Beni Oktovianto; Bissa Donald.

PS TIRA: Syahrul Trisna; M. Rifad; Andy Setyo; Julyano Pratama; Abduh Lestaluhu; Roni Sugeng; Manahati Lestusen; Wawan Febrianto; Izmy Hatuwe; Dimas Drajad; Ahmad Nufiandani.