Profil 4 Negara Semifinalis UEFA Nations League

 

UEFA Nations League 2020/2021 telah memasuki babak semifinal yang diikuti empat negara, yakni Italia, Belgia, Prancis, dan Spanyol.

Catatan tersebut membuat babak semifinal UEFA Nations League tahun ini diisi oleh negara-negara baru. Pada edisi pertama, empat tim yang lolos ke semifinal adalah Portugal, Belanda, Inggris, dan Swiss.

Berikut profil empat negara yang lolos semifinal UEFA Nations League:

 

1. Italia

Italia berhasil lolos ke semifinal UEFA Nations League. Hal ini bisa jadi indikasi bahwa Italia mampu bangkit setelah keterpurukan usai gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Italia mampu lolos dari grup berat dengan memenangkan persaingan lawan Belanda dan Polandia. Dari tiga laga yang mereka mainkan, Italia mampu meraih tiga kemenangan dan tiga hasil imbang tanpa pernah terkalahkan.

Italy players celebrate after Italy's Andrea Belotti scored his side's opening goal during the UEFA Nations League soccer match between Bosnia and Italy, in Sarajevo, Bosnia, Wednesday, Nov. 18, 2020. (AP Photo/Kemal Softic)Italia berhasil lolos ke semifinal UEFA Nations League. ( AP/Kemal Softic)

Kemenangan 1-0 atas Belanda di laga tandang jadi faktor krusial keberhasilan Italia lolos ke semifinal.

Sebagai pemegang gelar empat trofi Piala Dunia, Italia bakal berusaha mendapatkan hasil baik di UEFA Nations League.

2. Belgia

Belgia terus membuktikan bahwa generasi emas mereka masih bisa berbicara banyak. Bersaing dengan Denmark, Inggris, dan Islandia dalam grup yang cukup ketat, Belgia mampu jadi pemuncak klasemen dengan selisih lima poin.

Romelu Lukaku dan kawan-kawan mampu memetik lima kemenangan dan hanya satu kali merasakan kekalahan di grup yang terbilang cukup berat.

Belgia bakal berusaha mendapatkan trofi UEFA Nations League sebagai salah satu bukti sahih kehebatan generasi emas mereka saat ini.

Belgium's Romelu Lukaku celebrates after scoring his side's second goal during the UEFA Nations League soccer match between Belgium and Denmark at the King Power stadium in Leuven, Belgium, Wednesday, Nov. 18, 2020. (AP Photo/Francisco Seco)Romelu Lukaku dan kawan-kawan membuka peluang untuk meraih trofi UEFA Nations League. (AP/Francisco Seco)

3. Prancis

Prancis juga sukses lolos dari grup berat yang terdiri dari Portugal, Kroasia, dan Swedia. Prancis mampu menyudahi perjalanan di grup ini dengan catatan lima kali menang dan satu imbang tanpa pernah menyentuh kekalahan.

Kemenangan 1-0 di markas Portugal pada matchday kelima menjadi penentu keberhasilan ‘Les Bleus’ lolos ke empat besar. Setelah juara Piala Dunia 2018, trofi UEFA Nations League jadi hal yang menarik untuk melengkapi koleksi trofi mereka.

Setelah tak lagi menonjol dalam beberapa tahun terakhir, Spanyol yang sedang menjalani peralihan generasi sukses menjejakkan kakinya di babak semifinal UEFA Nations League.4. Spanyol

Kemenangan Spanyol 6-0 atas Jerman jadi salah satu bukti sahih keberhasilan Spanyol memenangkan perburuan tiket semifinal melawan Jerman.

Spanyol bakal berupaya mengembalikan dominasi mereka di dunia sepak bola seperti yang terjadi di akhir 2000-an dan awal 2010-an. Ajang UEFA Nations League jadi salah satu momen bagus untuk mewujudkannya.

Babak semifinal UEFA Nations League akan berlangsung pada 6-7 Oktober 2021. Sedangkan final akan berlangsung pada 10 Oktober 2021.