Pukul Lawan, Messi Terancam Hukuman 12 Laga

Lionel Messi berpotensi mendapat larangan bermain dalam waktu yang cukup lama setelah menerima kartu merah dalam laga Barcelona vs Athletic Bilbao, Senin (18/1) dini hari.

Selain mendapat kartu merah dalam laga melawan Bilbao di laga final Piala Super Spanyol, Messi kini dibayang-bayangi sanksi larangan tampil sebanyak empat sampai 12 laga.

Aksi Messi menjatuhkan Asier Villalibre dikategorikan Marca masuk dalam pelanggaran pasal 98.

 

“Menyerang pemain lain, tanpa menyebabkan cedera, sebagai faktor dari elemen penipuan, yang diperlukan dalam pelanggaran ini, keadaan di mana tindakan terjadi saat permainan dihentikan atau pada jarak sedemikian jauh dari tempat dikembangkan sehingga tidak mungkin ada campur tangan dalam serangkaian itu, akan dikenai sanksi dengan penangguhan empat hingga dua belas pertandingan,” dikutip dari Marca.

Barcelona's Lionel Messi during the Spanish Supercopa final soccer match between FC Barcelona and Athletic Bilbao at La Cartuja stadium in Seville, Spain, Sunday, Jan. 17, 2021. (AP Photo/Miguel Morenatti)Lionel Messi terancam hukuman larangan tampil hingga 12 pertandingan. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Pasal 56 ayat 8 peraturan juga menyinggung soal penangguhan pertandingan yang merupakan konsekuensi dari Piala Super Spanyol terlepas dari tingkat keparahannya bisa membuat pemain dilarang masuk dalam daftar susunan pemain, lapangan, bangku cadangan dan zona ruang ganti.

Terkait pasal tersebut, La Pulga disebut bisa absen baik di ajang La Liga Spanyol maupun ajang Copa del Rey.

Messi menjatuhkan Villalibre setelah mendapat dua kali body charge dari penyerang Bilbao tersebut. Setelah mendapat benturan kedua, Messi langsung membuat Villalibre mencium tanah.

Messi hampir lolos dari hukuman karena wasit luput melihat insiden tersebut dan memberi aba-aba lemparan ke dalam untuk Bilbao, namun VAR menangkap momen yang kemudian menjadi barang bukti wasit mengeluarkan kartu merah.Ketika pelanggaran terjadi, bola sudah berada di kaki Jordi Alba yang siap mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Bola kemudian mengenai kaki Oscar de Marcos dan ke luar area pertandingan.