Quartararo Tinggal Setengah Berharap Juara Dunia MotoGP

 

Fabio Quartararo mulai bersikap realistis soal peluang jadi juara dunia MotoGP 2020.

Quartararo tampil buruk dalam beberapa seri terakhir sehingga posisinya di puncak klasemen digeser oleh Joan Mir. Tak sampai di situ, ia kini juga makin tertinggal dari pembalap Spanyol tersebut.

Dengan kondisi tertinggal 37 poin dan dua seri tersisa, Quartararo sadar bahwa peluangnya untuk jadi juara dunia makin tipis.

 

“Kami masih bertarung untuk perebutan gelar juara dunia namun saya hanya berusaha fokus untuk bersenang-senang di dua seri terakhir.”

“Lalu barulah melihat pertarungan mana yang bisa kami lakukan. Kami ada di posisi kedua dalam klasemen dan masih punya kesempatan bagus untuk mengakhiri musim ini dengan baik,” ujar Quartararo dikutip dari Tuttomotoriweb.

Third place Spain's rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR celebrates on the podium after the Motorcycle Grand Prix of Teruel in Alcaniz, Spain, Sunday, Oct. 25, 2020. (AP Photo/Jose Breton)Joan Mir hanya butuh tambahan 14 poin untuk mengunci gelar juara dunia. (AP/Jose Breton)

Pada MotoGP Eropa yang juga berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Quartararo mengalami kecelakaan di awal balapan. Quartararo lalu menunjukkan semangat pantang menyerah.

Ia bangkit dan kembali mengambil motornya. Usaha Quartararo akhirnya berbuah. Meski ia jadi pembalap terakhir yang finis, namun Quartararo ada di urutan ke-14 seiring banyaknya pembalap yang gagal finis. Alhasil, Quartararo sempat membawa pulang dua poin.

“Kami memiliki sejumlah masalah dalam balapan beberapa hari lalu, kami akan coba bekerja untuk menjajal beberapa hal untuk pekan mendatang.”

“Saya rasa kami akan bisa meningkatkan ritme,” ujar Quartararo.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, nasib Quartararo untuk jadi juara dunia sudah tak sepenuhnya berada di tangan sendiri. Bahkan bila Quartararo mampu memenangkan dua seri terakhir, Quartararo masih harus melihat perolehan poin Joan Mir.

Pembalap Suzuki itu hanya butuh tambahan 14 poin dari dua seri untuk bisa mengunci titel juara dunia. Hal itu berarti Joan Mir cukup finis di posisi ketiga pada MotoGP Valencia atau finis di posisi kesembilan pada dua seri terakhir.

Balapan MotoGP Valencia, Minggu (15/11) bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.