Real Madrid Paling Diuntungkan VAR di Liga Spanyol

 

Real Madrid menjadi satu dari empat tim yang paling diuntungkan Video Assisten Referee (VAR) di Liga Spanyol musim ini.

VAR kembali menjadi penbahasan usai Los Blancos dihajar 1-4 oleh Valencia. Tiga gol Valencia datang dari titik putih, sementara wasit tiga kali mengecek VAR untuk mengambil keputusan.

Meski begitu, Madrid menjadi salah satu tim yang paling banyak mendapat keuntungan berkat kehadiran VAR musim ini bersama Eibar, Valencia, dan Villareal.

 

VAR sejauh ini telah mengintervensi 45 kali keputusan wasit di Liga Spanyol 2020/2021 dan berpengaruh pada hasil dari 30 pertandingan.

Setidaknya Madrid, Eibar, Valencia, dan Villarreal sudah empat kali diuntungkan dari intervensi VAR terhadap keputusan wasit, entah menganulir atau mengesahkan gol maupun memberi hukuman penalti atau sebaliknya.

(FILES) In this file photo taken on October 25, 2017 Brazilian referee Wilton Pereira Sampaio (C) and his assistants pass by a screen of the Video Assistant Referee (VAR) before the start of the Copa Libertadores 2017 semifinal first leg football match between Argentina's River Plate and Lanus at the Monumental stadium in Buenos Aires.
The controversial Video Assistant Referee (VAR) system looks set to be used at the World Cup in Russia after international rules body IFAB gave it their backing on March 3, 2018.
Ilustrasi teknologi VAR. (AFP PHOTO / Juan MABROMATA).

Tim-tim lain seperti Barcelona, Celta Vigo, Real Sociedad, Alaves, Elche, Huesca, Granada, dan Real Betis baru sekali diuntungkan VAR.

Real Madrid juga diuntungkan dengan mendapat penalti dari wasit berkat bantuan VAR. Madrid bersama Eibar, Villarreal, dan Valencia sudah dua kali mendapat penalti usai tinjauan VAR di musim ini.

Lalu tim-tim yang mengalami intervensi VAR dan mempengaruhi keputusan wasit paling banyak adalah Real Betis empat kali, Real Valladolid dan Eibar empat kali.Sementara tim-tim yang dirugikan oleh VAR, yakni Sevilla, Levante, Huesca, Elche, Real Sociedad, Celta Vigo, Atlético Madrid, dan Barcelona. Mereka baru sekali dirugikan VAR sejauh ini.

Villarreal menjadi tim yang paling banyak mengalami gol dianulir wasit setelah mengecek VAR.

Villarreal dua kali golnya dianulir VAR, lalu diikuti Alavés, Real Sociedad, Athletic Bilbao, Levante, Sevilla, dan Cadiz masing-masing sekali golnya dianulir.