Resmi: Man Utd vs Liverpool Batal Digelar

 

Pertandingan Manchester United vs Liverpool di Stadion Old Trafford pada pekan ke-34 Liga Inggris, Minggu (2/5), batal digelar.

Pembatalan itu sebagai buntut protes besar-besaran dari suporter Man United di Old Trafford. Pengumuman pembatalan laga MU vs Liverpool disampaikan pihak Premier League.

“Menyusul pelanggaran keamanan di Old Trafford, pertandingan Manchester United vs Liverpool dibatalkan,” demikian pernyataan Premier League dalam situs resmi.

 

“Ini adalah keputusan bersama dari polisi, kedua klub, Liga Inggris, dan pihak berwenang,” ucap Premier League menambahkan.

Premier League beralasan, pembatalan bigmatch tersebut berkaitan dengan keamanan dan keselamatan semua orang di Old Trafford. Terlebih lagi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kami memahami dan menghormati kekuatan perasaan, tetapi mengutuk semua tindakan kekerasan, kriminal yang merusak, dan pelanggaran, terutama terkait pelanggaran Covid-19,” kata Premier League.

“Suporter memiliki banyak cara menyampaikan pandangan mereka, tetapi tindakan minoritas yang terlihat saat ini tidak dibenarkan,” tutur Premier League melanjutkan.

 

Soccer Football - Manchester United fans protest against their owners before the Manchester United v Liverpool Premier League match - Manchester, Britain - May 2, 2021 General view of a Police horse as Manchester United fans protest against their owners outside the stadium before the match Action Images via REUTERS/Phil NobleSuporter MU protes kepada pemilik klub, keluarga Glazer. (Action Images via REUTERS/PHIL NOBLE)

Pihak Premier League juga bersimpati terhadap petugas kepolisian maupun keamanan pertandingan yang harus menghadapi situasi berbahaya seperti aksi protes tersebut. Menurut Premier League, protes semacam itu tidak boleh ada di sepak bola.

Terkait jadwal ulang duel Man United vs Liverpool ini, Liga Inggris akan menyampaikannya di kemudian hari.

 

Demonstrasi suporter Setan Merah itu bermula dari ketidakpuasan terhadap kepemilikan klub di bawah keluarga Glazer. Ditambah lagi, belum lama ini Glazer membawa MU jadi klub pendiri European Super League.Aksi protes itu awalnya berjalan di luar Stadion Old Trafford. Akan tetapi, aksi itu kemudian meluas hingga akhirnya suporter bisa ‘membajak’ Stadion Old Trafford. Banyaknya suporter yang masuk ke Old Trafford membuat aksi sulit dikendalikan, terutama di tengah situasi pandemi Covid-19.”Pengaturan ulang pertandingan akan dikomunikasikan pada waktunya,” ucap Premier League.