Respons Yamaha Soal Cedera Arm Pump Quartararo

 

Yamaha menyayangkan cedera arm pump yang dialami Fabio Quartararo sehingga gagal menang di MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5).

Sejak awal balapan, Quartararo berpotensi memenangi seri keempat pada MotoGP 2021 tersebut. Dikutip dari situs resmi Yamaha, Quartararo bisa unggul hingga lebih dari 1 detik atas rival terdekatnya saat balapan, Jack Miller.

Akan tetapi, di lap 15, Quartararo menunjukkan penurunan, yang belakangan diketahui karena cedera arm pump pada lengan kanannya.

 

Cedera itu tidak saja membuat pembalap asal Prancis tersebut disalip Miller dan kehilangan posisi terdepan, tetapi merosot hingga posisi ke-13. Kondisi tersebut disayangkan Yamaha, karena Quartararo gagal memenangi tiga balapan beruntun.

“Kami menjalani balapan yang sulit dan mengecewakan pada hari ini. Fabio mengalami masalah dengan lengan kanannya. Karena arm pump, dia tidak merasakan apa-apa dan sangat kesakitan. Sangat disayangkan,” demikian pernyataan Yamaha.

“Itu terjadi tiba-tiba saat dia memimpin balapan dengan keunggulan 1,4 detik dan dengan kecepatan yang bisa memenangkannya,” ucap Yamaha menambahkan.

Tim berlambang garpu tala itu menanggapi serius cedera arm pump yang dialami Quartararo. Yamaha akan menindaklanjuti cedera itu agar Quartararo bisa fit pada balapan berikutnya di MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans.

 

Fabio Quartararo. motogp.comFabio Quartararo sudah menangi dua balapan di musim ini. (motogp.com)

“Perhatian utama kami adalah kesehatan Fabio. Besok lengannya akan diperiksa,” tutur Yamaha.

Penyesalan amat dirasakan Quartararo karena cedera arm pump tersebut. Pembalap 22 tahun itu menyebut kelebihan Yamaha dalam mengatasi masalah ban di musim ini sia-sia karena cedera itu.

“Karena saya tidak memiliki tenaga tersisa di lengan saya,” kata Quartararo.

 

Quartararo tidak ingin absen saat tampil di depan publik sendiri dua pekan berikutnya. Salah satu alasannya adalah, Yamaha bisa maksimal di MotoGP Prancis.”Saya akan meluangkan waktu saya hari ini untuk memikirkan situasinya dan mencoba membuat keputusan terbaik tentang bagaimana menangani arm pump sesegera mungkin,” ucap Quartararo menambahkan.

“Balapan berikutnya di ‘rumah’ saya, dan saya ingin bugar di sana, itu penting bagi saya,” kata Quartararo.

“Saya tahu motornya bekerja dengan baik di sana, dan saya akan tampil dengan baik. Saya ingin menyelesaikan masalah ini secepat mungkin, tetapi dengan cara terbaik,” tutur Quartararo.