Selain Ozil, 5 Bintang Arsenal yang Pergi Gratis

 

Mesut Ozil resmi meninggalkan Arsenal dan sedikit lagi berseragam Fenerbahce dengan gratis. Berikut lima bintang Arsenal di masa lalu yang juga meninggalkan Emirates dengan gratis.

Ozil menyudahi masa baktinya tujuh tahun setengah kepada The Gunners setelah sepakat pergi. Eks Real Madrid yang dibeli Arsenal dengan harga 40 juta poundsterling itu setuju bergabung dengan Fenerbahce, klub favoritnya di masa kecil.Pemain asal Jerman berdarah Turki itu pergi karena sudah tak terpakai di Arsenal era Mikel Arteta. Tanpa alasan jelas, Arteta menghapus nama Ozil dari skuad musim ini di semua kompetisi.

 

Sebelum Ozil, ada beberapa bintang Arsenal yang dibeli mahal namun pergi dari klub dengan free transfer.

Berikut lima pemain yang pergi dari Arsenal secara gratis.

1. Alexis Sanchez

Sanchez dibeli Arsenal dari Barcelona dengan harga 31,7 juta poundsterling. Dia datang pada 2014 setelah bermain apik bersama Blaugrana.

Sanchez membuktikan dirinya sebagai pemain terbaik Arsenal selama empat tahun masa tugasnya. Namun dia pergi ke Manchester United dalam kesepakatan pertukaran dengan Henrikh Mkhitaryan.

Arsenal's Chilean striker Alexis Sanchez (R) celebrates scoring his goal with Arsenal's German midfielder Mesut Ozil (L) during the UEFA Champions League, Group D football match between Arsenal and Galatasaray at The Emirates Stadium in north London on October 1, 2014. Arsenal won the game 4-1. AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS / AFP PHOTO / ADRIAN DENNISAlexis Sahncez dan Mesut Ozil saat masih jadi penggawa Arsenal di masa lalu. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS).

2. Henrikh Mkhitaryan

Sejak gabung pada 2018, Mkhitaryan hanya semusim sebelum dipinjamkan ke AS Roma.

Di klub ibu kota Italia itu Mkhitaryan menjadi pemain penting. Roma kemudian mendapatkan Mkhitaryan secara gratis pada September 2020 lalu setelah kontraknya berakhir di Arsenal.

Pemain Spanyol itu didatangkan Arsenal pada 2012 dari Malaga. Dibeli dengan mahar 18 juta poundsterling, Cazorla menghabiskan enam musim.3. Santi Cazorla

Dia kemudian kembali ke Spanyol dan berlabuh ke Villarreal secara gratis.

4. Aaron Ramsey

Ramsey dibeli dari Cardiff dengan harga 5 juta poundsterling pada 2008. Tiga tahun di Emirates, Ramsey kemudian dipinjamkan dua kali ke Nottingham Forest dan Cardiff.

Arsenal kemudian melepasnya ke Juventus pada Juli 2019. Dia pergi dengan gratis ke Bianconeri.

Wilshere merupakan pemain akademi The Gunners. Sejak promosi ke tim utama pada 2008, Wilshere jadi pemain penting di lini tengah.5. Jack Wilshere

Namun dia tak benar-benar jadi pilihan utama. Kariernya dihabiskan ke klub-klub lain dengan status pinjaman sebelum akhirnya dilepas gratis ke West Ham United pada 2018.