Separuh Musim Habis, Atletico Lari Kejar La Liga

 

Separuh musim berjalan, Atletico Madrid jadi kandidat terkuat untuk juara La Liga musim ini, mengungguli Barcelona dan Real Madrid.

Atletico saat ini sudah mengoleksi 47 poin, unggul tujuh angka dari Real Madrid dan 10 poin dari Barcelona.

Satu tambahan lain, Atletico punya sisa satu laga lebih banyak sehingga mereka punya peluang untuk makin memperbesar selisih poin dari dua rival utamanya tersebut.

 

Dengan kondisi Madrid dan Barcelona yang angin-anginan musim ini, Atletico berhasil melaju kencang tanpa pernah bisa dihalau oleh kedua rivalnya.

Real Madrid's Karim Benzema celebrates after scoring his side's second goal during the Spanish La Liga soccer match between Alaves and Real Madrid at Mendizorroza stadium in Vitoria, Spain, Saturday, Jan. 23, 2021. (AP Photo/Alvaro Barrientos)Real Madrid tertinggal jauh dari Atletico saat ini. (AP/Alvaro Barrientos)

Atletico mencatat 15 kemenangan, dua hasil imbang, dan hanya satu kekalahan dari 18 laga yang mereka mainkan sejauh ini.

Diego Simeone, seperti musim-musim sebelumnya, mampu membentuk Atletico jadi tim yang tangguh di pertahanan. Tercatat Atletico baru kebobolan delapan gol sejauh ini, jauh di bawah Madrid dan Sevilla (16 gol) sebagai tim dengan pertahanan kuat berikutnya.

Tak hanya itu, Atletico juga masuk dalam jajaran tim produktif. Atletico berhasil mencetak 36 gol alias rata-rata dua gol per pertandingan. Jumlah ini hanya kalah tiga gol dari Barcelona.

Hal lain yang menguntungkan bagi Atletico adalah mereka sudah tersingkir dari ajang Copa del Rey meski kekalahan dari Cornella termasuk kekalahan yang memalukan.

Dengan tidak ada jadwal di Copa del Rey, hal itu mengurangi kepadatan rangkaian laga yang akan dijalani Atletico.

Mereka kini tinggal fokus di dua kompetisi, La Liga dan Liga Champions. Di Liga Champions, Atletico berjumpa Chelsea di babak 16 besar.