Sepatu Emas Eropa: Striker Belarusia Ungguli Lewandowski

 

Perburuan sepatu emas Eropa telah berlangsung menarik sejak awal musim ini. Untuk sementara, striker Belarusia, Maksim Skavysh mengungguli nama-nama tenar macam Robert LewandowskiZlatan Ibrahimovic, dan Mohamed Salah.

Perburuan sepatu emas Eropa tanda sebagai bomber tersubur di benua biru menarik disaksikan tiap musimnya. Saat ini Skavysh memimpin balapan dengan torehan 25.5.

Skavsyh sudah mencetak 17 gol dikali koefisien Liga Belarusia (1,5) sehingga ia punya 25,5 poin. Ia unggul tipis atas Jasur Yakshiboev asal Pakhtakor Tashkent yang bermain di Liga Uzbekistan yang kini mengoleksi 24 poin.

 

Striker Bayern Munchen Robert Lewandowski ada di posisi ketiga dengan torehan 22 poin. Lewandowski sudah mencetak 11 gol dikali koefisien Bundesliga (2) sehingga ia kini telah memiliki 22 poin.

AC Milan's Zlatan Ibrahimovic gestures during the Europa League Group H soccer match between AC Milan and Lille at the San Siro Stadium, in Milan, Italy, Thursday, Nov. 5, 2020. (AP Photo/Luca Bruno)Zlatan Ibrahimovic baru mengumpulkan 16 poin dalam perburuan sepatu emas Eropa. (AP/Luca Bruno)

Lewandowski jadi satu-satunya nama pemain dari liga elite Eropa yang berada di posisi 10 besar perburuan sepatu emas Eropa saat ini.

Zlatan Ibrahimovic, Mohamed Salah, Son Heung Min, Jamie Vardy, dan Dominic Calvert Lewin sama-sama baru mengumpulkan 16 poin.

Meski saat ini tertinggal, bomber-bomber di liga elite Eropa kemungkinan besar bakal kembali menguasai perburuan sepatu emas Eropa.

Pasalnya, Skavysh sudah menjalani 28 laga di Liga Belarusia sedangkan liga elite Eropa baru memulai perjalanan mereka.

Selain itu koefisien dua yang dimiliki liga elite Eropa menguntungkan bomber-bomber yang bermain di dalamnya. Mereka selalu jadi pemenang Sepatu Emas Eropa dalam dua dekade terakhir.

Pemain terakhir yang bisa memenangkan sepatu emas eropa di luar liga yang memiliki koefisien dua adalah Henrik Larsson pada 2000/2001. Saat itu Larsson mendapat 52,5 poin hasil dari 35 gol dikali koefisien 1,5 milik Liga Skotlandia.

Pada musim lalu, striker Lazio Ciro Immobile jadi pemenang sepatu emas Eropa