Shin Tae Yong Layak Pertahankan Jack Brown dan Beckham Putra

 

Pengamat sepak bola nasional M Kusnaeni menilai pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong layak mempertahankan Jack Brown dan Beckham Putra.

Pencoretan pemain yang bakal dilakukan diyakini Kusnaeni berdasarkan rapor hasil evaluasi yang dibuat Shin Tae Yong dari serangkaian uji coba pada pemusatan latihan di Kroasia.

“Perkiraan saya kita bisa lihat siapa yang lebih sering mendapatkan kepercayaan bermain dari Shin Tae Yong itu yang akan dipertahankan. Menurut saya Shin Tae Yong akan mempertahankan 18-20 pemain. Supersub seperti Jack Brown dan Beckham bisa mendapatkan kepercayaan untuk lanjut ke TC berikutnya,” kata Kusnaeni kepada CNNIndonesia.com,.

 

“Soal yang akan dicoret atau dipertahankan itu sebuah kehormatan bagi pelatih untuk menilai. Tapi mereka yang jarang mendapatkan jam main, gaya bermainnya tidak sesuai, strateginya todak cocok kemungkinan akan dicoret. Bukan karena dia tidak bagus, tapi mungkin Shin Tae Yong belum sepenuhnya percaya,” imbuhnya.

Shin Tae Yong juga dipercaya Kusnaeni melihat progres perkembangan pemain selama pemusatan latihan berlangsung. Meski begitu, pencoretan pemain yang bakal dilakukan Shin Tae Yong bukan jadi tolok ukur pemain yang bakal ke Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Witan Sulaeman dan Beckham Putra Nugraha merayakan gol Timnas Indonesia U-19 ke gawang Qatar. (Dok. PSSI)Beckham Putra Nugraha dianggap sebagai pemain yang layak dipertahankan. (Dok. PSSI)

Masih banyak proses yang bakal dilakukan dan dilewati Shin Tae Yong untuk memilih pemain dan mempersiapkan tim terbaik Timnas Indonesia U-19.

“Yang sering dapat kesempatan jadi pemain inti pun tidak mustahil di TC selanjutnya bisa tergusur. Kombinasi teknis juga harus diperhitungkan dan dipertimbangkan pelatih seperti tinggi badan, kekuatan kaki siapa saja yang kiri dan kanan, kemampuan heading, intersep, dan blocking,” ucapnya.

Terlebih, lanjut Kusnaeni, sampai saat ini Shin Tae Yong belum pernah melihat kompetisi sepak bola Indonesia, terutama yang melibatkan pemain U-20. Kusnaeni meyakini jika melihat Liga Indonesia, Shin Tae Yong pasti bakal memiliki sudut pandang berbeda tentang pesepakbola Indonesia.

Kalau sudah liat liga domestik Indonesia pasti dia bilang ‘oh ternyata ada pemain yang lebih baik di posisi ini tapi belum terpanggil.”

Selain belum melihat kompetisi domestik, proses pencarian pemain yang dilakukan Shin Tae Yong juga belum selesai karena banyak aset pemain keturunan yang belum dilihat kemampuannya secara langsung. Padahal pemain keturunan juga punya hak untuk membela negara leluhur.

Meurut Kusnaeni, untuk membentuk Timnas Indonesia U-19 terbaik menuju Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong harus bisa melihat semua aspek pencarian pemain tersebut. Sedangkan promosi dan degradasi sejatinya dianggap sebuah keniscayaan di dunia demi mendapatkan pemain terbaik.

Selain Jack Brown dan Beckham Putra, sejumlah pemain yang banyak mendapat durasi bermain seperti Witan Sulaeman dan Elkan Baggott juga amat berpeluang untuk dipertahankan.