Sindir Ronaldo dan Neymar, Presiden La Liga Tak Takut Kehilangan Messi

MADRID – La Liga Spanyol berpotensi kehilangan sejumlah pemain terbaiknya di bursa transfer musim panas 2021 seperti Lionel Messi dan Sergio Ramos. Akan tetapi, Presiden La Liga, Javier Tebas, justru tidak merasa khawatir jika pada akhirnya nama-nama besar tersebut angkat kaki.

Kehadiran para pemain top dunia sejatinya memberikan pengaruh dalam keberlangsungan suatu liga. Sebab, nama-nama besar tersebut akan menarik lebih banyak penonton. Sehingga nilai jual untuk hak siar pun semakin meningkat.

Selama satu dekade lebih, La Liga berhasil menyaingi Premier League dalam menarik perhatian masyarakat dunia. Sebab, mereka memiliki banyak pemain kelas dunia. Itulah mengapa sosok seperti Messi, Ramos, hingga Luis Suarez menjadi aset yang sangat berharga.

Sergio Ramos

Maka dari itu, Tebas memiliki harapan agar nama-nama tersebut tetap bertahan di La Liga. Akan tetapi, jika pada akhirnya mereka harus hengkang, Tebas tak khawatir hal tersebut akan membuat La Liga kehilangan penonton.

“Jelas, saya tidak ingin mereka meninggalkan La Liga. Tetapi jika itu terjadi, kami semua harus memberikan lebih banyak (ruang kepada bintang-bintang baru) untuk mengisi kekosongan,” ujar Tebas, dikutip dari Football Italia, Minggu (15/11/2020).

Sebelum ini, sempat dikhawatirkan La Liga akan kehilangan daya tariknya setelah Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan Juventus pada musim panas 2018. Namun begitu, La Liga tetap digandrungi. Hal inilah yang membuat Tebas percaya diri.

Tebas bahkan menilai kehadiran Ronaldo di Serie A tak lantas mendongkrak daya tarik kompetisi tersebut. Begitu pun dengan kehadiran Neymar Jr di Ligue 1 yang membela Paris Saint-Germain (PSG) setelah angkat kaki dari Barcelona pada musim panas 2017.

“Cristiano Ronaldo pergi, seperti yang diingatkan oleh beberapa pembenci di Twitter. Saya dapat meyakinkan Anda bahwa tidak ada yang berubah bagi kami (La Liga),” jelas Tebas.

Andrea Pirlo dan Cristiano Ronaldo

“Sejujurnya, saya rasa Serie A juga tidak banyak berkembang. Mereka hampir tidak menyadari (efek) dari kedatangannya (Ronaldo),” sambung pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

“Neymar pergi ke PSG, tapi Ligue 1 tetaplah Ligue 1. Merek La Liga dan klub-klub besar yang ambil bagian berada di atas pemain individu, tidak peduli seberapa berbakatnya pemain tersebut,” tandas Tebas.