Sinyal Barcelona Mundur dari European Super League

 

Presiden Barcelona, Joan Laporta, menyiratkan klub pemilik lima gelar Liga Champions itu bakal mundur dari rencana penyelenggaraan European Super League.

Laporta membantah Barcelona sudah pasti akan ikut European Super League dan akan mematuhi keinginan dari anggota klub dalam jajak pendapat.

“FC Barcelona tidak akan ikut Liga Super tanpa persetujuan dari Majelis Anggota. Mereka yang memutuskan, ini adalah klub mereka,” kata Laporta dikutip dari AS.

Ucapan Laporta yang mengindikasikan melunak soal European Super League muncul seiring kabar beberapa klub pendiri yang membatalkan rencana penyelenggaraan liga super tersebut.

Tiga klub asal Inggris, Manchester City, Chelsea, dan Liverpool dikabarkan sedang berpikir ulang dan Atletico Madrid pun disebut akan mundur.

Setelah diumumkan sejak Minggu (18/4) malam waktu setempat, European Super League memancing perdebatan juga penolakan.

Sebanyak 12 klub Eropa yang menjadi pendiri mendapat perlawanan dari banyak pihak termasuk FIFA hingga fans masing-masing.

Di Spanyol, selain Barcelona terdapat Real Madrid dan Atletico Madrid yang masuk dalam klub pendiri European Super League bersama sembilan klub lain.Kini European Super League pun di ambang kegagalan lantaran beberapa klub pendiri diyakini putar haluan dan memilih berdamai dengan desakan serta menghindari ancaman serta sanksi.