Sudirman: Dikritik Miskin Taktik, Berujung Bawa Persija Juara

 

Sempat dikritik karena miskin taktik, pelatih Persija Jakarta Sudirman akhirnya membuktikan racikannya mampu membawa tim Macan Kemayoran menjuarai Piala Menpora 2021.

Sudirman berhasil memimpin Persija mengangkat trofi Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persib Bandung dalam dua pertemuan di final. Persija mengalahkan Persib 2-0 pada leg pertama readyviewed dan menekuk tim Maung Bandung 2-1 pada leg kedua.

Prestasi ini sekaligus membungkam para kritikus Sudirman yang menyebutnya miskin taktik di Piala Menpora 2021.

 

Meski melaju ke final Piala Menpora 2021, permainan Persija Jakarta mengundang kritik dari para penggemar. Tim Macan Kemayoran dinilai tidak menunjukkan kelasnya sebagai tim besar dan pelatih Sudirman disebut minim strategi.

Kritik itu terlihat di media sosial, saat sejumlah Jakmania menyatakan belum puas terhadap penampilan Persija dari awal turnamen hingga babak semifinal Piala Menpora 2021.

Tetapi, Sudirman berhasil membuktikan kualitasnya saat membawa Persija tampil apik di babak final Piala Menpora.

 

 

Sudirman membuat kejutan dengan sejumlah perombakan yang dilakukan pada starting eleven tim Macan Kemayoran saat menghadapi Persib di leg pertama final Piala Menpora 2021.

Secara mengejutkan Sudirman mencadangkan predator andalan Persija Marko Simic. Peran Simic di lini depan Persija digantikan penyerang muda Taufik Hidayat.

Kemudian Sudirman juga membuat kejutan dengan memasukkan Braif Fatari sebagai starter di final leg pertama. Strategi inipun terbukti sangat sukses dengan membawa Persija unggul cepat 2-0 lewat gol yang dicetak Braif Fatari dan Taufik Hidayat.

Fans Persija pun mulai puas dengan performa yang ditunjukkan tim Macan Kemayoran berkat kecerdasan strategi Sudirman. Sudirman mendapat julukan baru yaitu Pep Guardiman yang diplesetkan dari nama manajer Manchester City Pep Guardiola.

 

 

Gelar juara Piala Menpora ini sekaligus menjadi kado ulang tahun terindah bagi Sudirman yang merayakan hari lahirnya pada 24 April.

“Alhamdulillah, Persija menjadi juara. Ini menjadi suatu hadiah yang sangat luar biasa bagi ulang tahun saya. Terima kasih untuk pemain yang sudah berjuang luar biasa dan penuh semangat. Kami bisa mengalahkan rival kami sebanyak dua kali. Itu sangat luar biasa bagi Persija,” ucap Sudirman di laman Liga Indonesia Baru.

“Hadiah juara ini kami persembahkan untuk para pemain dan suporter. Terima kasih The Jakmania, alhamdulillah kita menjuarai Piala Menpora,” ucap Sudirman.Lebih lanjut Sudirman juga menambahkan gelar ini juga diperuntukkan untuk suporter Persija, The Jakmania. Ia berharap suporter tidak merayakan gelar juara ini secara berlebihan.