Syarat Man United Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Pertandingan RB Leipzig vs Manchester United pada matchday terakhir fase grup menjadi duel hidup mati bagi The Red Devils guna memastikan tiket ke babak 16 besar Liga Champions.

Persaingan perebutan tempat di fase gugur dari Grup H berlangsung ketat. Hingga kini tiga kesebelasan memiliki sembilan poin dab masih berpeluang lolos dari fase grup yakni Man United, Paris Saint-Germain, dan RB Leipzig. Hanya Istanbul Basaksehir yang sudah pasti tersisih.

Man United sebenarnya berpeluang meraih tiket ke babak 16 besar Liga Champions pada matchday kelima. Hanya butuh satu poin saat menjamu PSG, Bruno Fernandes dan kawan-kawan malah kalah 1-3 dari tim tamu.

 

Pemilik tiga gelar Liga Champions itu pun harus menentukan nasib dalam matchday terakhir ketika bertamu ke Stadion Red Bull Arena, markas RB Leipzig.

Manchester United's Marcus Rashford, third right, celebrates after scoring his side's fifth goal during the Champions League group H soccer match between Manchester United and RB Leipzig, at the Old Trafford stadium in Manchester, England, Wednesday, Oct. 28, 2020. (AP Photo/Dave Thompson)Man United mencetak lima gol tanpa balas ke gawang RB Leipzig pada pertemuan pertama di fase grup. (AP Photo/Dave Thompson)

Jika Man United meraih kemenangan, maka tiga poin tambahan otomatis memastikan langkah mereka. Bahkan Man United bisa saja menjadi pemuncak klasemen Grup H jika PSG seri atau kalah melawan Istanbul Basaksehir.

Seandainya Man United menang atas Leipzig dan PSG menang atas wakil Turki tersebut, maka Man United akan menjadi runner up grup karena kalah head to head dari Les Parisiens.

Hasil seri pun bisa mengantar Man United melangkah ke 16 besar. Dengan skenario tambahan satu poin, Man United akan tetap berada di atas Leipzig kendati kedua klub memiliki poin yang sama karena Setan Merah unggul head to head atas wakil Bundesliga tersebut.

Bahkan jika PSG kalah dari Istanbul Basaksehir, Man United tidak akan tertolong karena kalah secara head to head dari PSG. Man United dipastikan tidak akan melaju ke 16 besar Liga Champions jika kalah dari Leipzig.