Takabur Liverpool Bisa Berujung Defisit 13 Poin

 

Liverpool berhasil menutup tahun 2020 dengan memuncaki klasemen sementara Liga Inggris. Namun, hanya sebulan berselang The Reds justru berada dalam periode sulit jika tak ingin disebut krisis.

Sejak pergantian tahun, Liverpool mendadak kehilangan taji. Skuad asuhan Jurgen Klopp yang dikenal lewat permainan menyerang tak lagi menakutkan bagi tim-tim lawan.

Alih-alih ingin terus mempertahankan puncak klasemen, Liverpool malah terlempar dari zona tiga besar. Sang juara bertahan dilewati duo Manchester, Manchester City dan Manchester United hingga tim kuda hitam, Leicester City.

Penyebabnya adalah tiga kekalahan dan satu hasil imbang dari enam laga terakhir di Premier League. Mengenaskannya, dua kekalahan yang dialami Mohamed Salah dkk terjadi di Anfield, stadion yang hampir empat tahun terakhir begitu angker buat tim-tim tamu.

Liverpool's manager Jurgen Klopp cheers with Jordan Henderson at the end of the English Premier League soccer match between Liverpool and Brighton at Anfield stadium, in Liverpool, England, Wednesday, Feb. 3, 2021. (Phil Noble/Pool via AP)Liverpool kini terlempar dari posisi tiga besar Liga Inggris. (AP/Phil Noble)

Rekor Liverpool juga ternoda bukan karena kalah dari sesama tim pesaing di jalur juara. Tim kota pelabuhan justru readyviewed takluk dari tim papan bawah yakni Burnley dan Brighton & Hove Albion dengan skor identik 0-1.

Kekalahan mengejutkan dari Burnley membuat Liverpool takluk untuk kali pertama di Anfield sejak 23 April 2017 saat dipecundangi Crystal Palace 1-2.

Rentetan hasil buruk itu berpotensi menutup pintu juara Liverpool di Premier League musim 2020/2021. Hal ini lantaran Liverpool sudah tertinggal tujuh poin dari Man City yang tidak terkalahkan dalam 13 laga terakhir.

Jarak poin di antara kedua tim bakal semakin lebar karena The Citizens punya tabungan satu laga. Jika satu laga itu bisa dimenangi Man City maka Liverpool bakal tertinggal 13 poin, jarak poin yang terbilang mustahil untuk dikejar hingga sisa musim ini.Selisih poin itu bahkan bisa melebar jadi 13 poin. Liverpool bisa tertinggal 10 poin jika kalah dari Man City di Anfield pada akhir pekan ini.

Faktanya bukan hanya Liverpool yang mendapat ujian mental dan fisik karena jadwal padat. Tim-tim pesaing mereka, Man City dan Man Utd juga merasakan situasi serupa.Masa sulit yang dialami Liverpool itu jelas bikin pusing Klopp. Juru racik formasi asal Jerman itu pun beralasan timnya mengalami kelelahan baik dari segi fisik maupun mental usai kalah dari Brighton.