Taktik Vinales di MotoGP Qatar: Sembunyi di Balik Quartararo

 

Juara MotoGP QatarMaverick Vinales mengakui ia mencoba menghemat ban dengan tidak langsung tampil agresif di awal balapan dan memilih membuntuti Fabio Quartararo.

Vinales memilih terus berada di belakang rekan setimnya, Quartararo pada awal balapan. Setelah sempat terlempar ke posisi delapan, Vinales bersama Quartararo terus melesat ke depan dan kembali mendekati para pembalap Ducati.

“Ya, saya cukup nyaman berada di belakang Fabio karena saya melihat para pembalap Ducati tidak akan melesat jauh.”

 

“Fabio mampu merapatkan jarak dan saya mencoba menghemat kondisi ban sebaik mungkin, terutama ban belakang,” ucap Vinales dikutip dari Crash.

Vinales baru menunjukkan keagresifannya ketika ia melihat peluang untuk melesat dan menyusul Fabio Quartararo dan pembalap-pembalap lain di depan.

“Dengan kemampuan Fabio merapatkan jarak, saya memilih untuk tidak mengambil risiko. Kecuali ketika saya melihat peluang untuk memacu motor dan menyusul Fabio, Johann Zarco, dan Pecco Bagnaia. Di situlah saya memacu motor.”

Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales (C) drives during the Moto GP Qatar Grand Prix at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on March 28, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)Maverick Vinales memilih untuk tidak langsung agresif di awal balapan melainkan membuntuti Fabio Quartararo. (AFP/KARIM JAAFAR)

“Ada sekitar 6-7 lap saat saya tampil agresif dan saya rasa saya tampil bagus dalam memacu motor pada kecepatan penuh. Setelah momen itu, saya kembali berusaha mempertahankan kondisi ban,” ujar Vinales.

Pembalap asal Spanyol itu pun gembira bisa mengawali MotoGP 2021 dengan kemenangan. Vinales menyoroti masalah cengkeraman ban yang sering menghantui performanya di MotoGP 2020 tidak lagi terlihat di MotoGP Qatar.

“Ini adalah pertanda bagus karena berarti kami mampu meningkatkan kualitas pada kondisi yang sebelumnya membuat kami sangat kesulitan.”

Balapan MotoGP 2021 berikutnya adalah MotoGP Doha, 4 April mendatang. Balapan MotoGP Doha bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan livestreaming di CNNIndonesia.com.”Untuk balapan berikutnya, saya sudah punya sejumlah ide untuk meningkatkan kemampuan karena di beberapa titik, saya merasa ban belakang agak tergelincir terutama ketika memasuki awal tikungan,” tutur Vinales.