Thomas Tuchel, Antara Kompatriot dan Reuni di Chelsea

 

Thomas Tuchel resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Chelsea, Rabu (26/1). Ia menjadi pelatih Jerman pertama yang pernah menangani The Blues.

Laman resmi klub menyebut Tuchel jadi pelatih asal Jerman yang pertama kali memimpin Chelsea. Dengan demikian, ia akan bereuni dengan mantan anak didiknya, Thiago Silva dan Christian Pulisic.

Silva merupakan salah satu pemain kepercayaan Tuchel selama melatih Paris Saint Germain. Bek asal Brasil itu bahkan tetap diberikan kepercayaan sebagai kapten tim.

Tuchel dan Silva nyaris mewujudkan mimpi mereka meraih gelar Liga Champions musim lalu. Sayang, PSG gagal mewujudkannya usai dikalahkan Bayern Munchen 0-1 di partai final.

Sementara Pulisic adalah pemain andalan Tuchel ketika masih menangani Borussia Dortmund. Ketenaran Pulisic tak lepas dari besutan tangan dingin Tuchel yang sukses mengantar Dortmund juara DFB Pokal pada musim 2016/2017.

Tuchel diyakini tak akan sulit beradaptasi di Liga Inggris mengingat pengalaman dan motivasi berlipat untuk menggantikan peran Lampard di Chelsea.Selain itu, Tuchel juga akan bertemu dengan mantan bintang Bundesliga lainnya seperti Timo Werner dan Kai Havertz. Keduanya merupakan pembelian besar Chelsea di bawah proyeksi Frank Lampard.

Tuchel terjun ke dunia kepelatihan dengan menangani FC Augsburg II sejak 2007 dan kemudian bergabung dengan Mainz 05. Setelah menghabiskan waktu dari 2009-2014, Tuchel mulai mengangkat nama ketika dipercaya jadi pelatih Borussia Dortmund.

Performa Tuchel di Dortmund membuat PSG berminat merekrutnya. Di PSG, Tuchel memenangkan dua trofi Ligue 1, Piala Prancis, dan Piala Liga. Di musim lalu, Tuchel mengantar PSG ke final Liga Champions namun harus puas jadi runner up.

Namun, Tuchel akhirnya dipecat PSG pada akhir tahun lalu lantaran performa buruk di awal Ligue 1. Hubungan buruk dengan Leonardo juga ditengarai jadi penyebab pemberhentian kariernya di Paris.

Tak lama menganggur, Chelsea kemudian menunjuk Tuchel sebagai pengganti Lampard. Ia dikontrak selama 18 bulan ke depan dan langsung dipercaya memimpin sesi latihan Chelsea di hari yang sama dan akan mendampingi tim melawan Wolves, Kamis (28/1) dini hari WIB.

“Kami semua menaruh rasa hormat pada kinerja Frank Lampard dan warisan yang ia buat di Chelsea. Di saat bersamaan, saya juga tak sabar untuk bertemu tim baru saya dan bertarung di liga paling menarik di dunia sepak bola.””Saya ingin mengucapkan terima kasih pada Chelsea FC atas kepercayaannya pada saya dan tim kepelatihan,” ucap Tuchel dikutip dari situs resmi klub.