Tierney Wasit Liverpool vs Man Utd, Bencana Bagi The Reds

Premier League menunjuk Paul Tierney sebagai wasit Liverpool vs Manchester United pada lanjutan Liga Inggris. Sebuah keputusan yang bisa menjadi bencana bagi The Reds.

Liverpool vs Man United di Stadion Anfield, Minggu (17/1), akan menjadi salah satu laga penentu gelar Premier League musim ini. Man Utd sukses menggeser Liverpool dari puncak klasemen setelah mengalahkan Burnley dini hari nanti.

Dikutip dari This Is Anfield, Liverpool punya kenangan buruk saat Tierney sebagai wasit. Salah satunya ketika Liverpool mengalahkan Aston Villa pada Juli 2020. Ketika itu Klopp kesal dengan Tierney karena membiarkan Aston Villa bermain kasar tanpa memberi pelanggaran.

 

Secara keseluruhan Liverpool punya rekor yang cukup bagus ketika Tierney menjadi wasit. Dari 13 laga dipimpin Tierney, Liverpool meraih 8 kemenangan, 3 imbang dan 2 kalah. Hanya Bournemouth (9) dan Manchester City (13) yang punya catatan kemenangan lebih banyak daripada Liverpool saat Tierney menjadi wasit.

Namun, meski punya rekor cukup bagus saat Tierney menjadi wasit, Liverpool pantas khawatir dengan status wasit 40 tahun tersebut. Pasalnya, Tierney memberi penalti cukup banyak untuk Man Utd.Musim ini Liverpool sudah dua kali dipimpin Tierney sebagai wasit, yakni ketika menang 2-0 atas Chelsea pada September 2020 dan saat ditahan imbang Newcastle United pada Desember lalu.

Tierney memberi Man Utd 5 penalti dari 10 pertandingan terakhir, dengan hanya 1 kali melawan The Red Devils. Sebaliknya, Liverpool tidak pernah mendapat penalti dari 13 pertandingan bersama Tierney dan 1 kali mendapat pelanggaran penalti.

Penalti menjadi isu menarik jelang Liverpool vs Man United. Pelatih Liverpool Jurgen Klopp sempat mengeluh Man Utd mendapat penalti lebih banyak daripada The Reds di Premier League.

Dengan kemenangan atas Burnley, Man Utd saat ini berada di puncak klasemen dengan torehan 36 poin, unggul tiga poin atas Liverpool.