Tottenham Kalah, Mourinho Salahkan Taktik Licik Klopp

Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho menyalahkan Jurgen Klopp usai anak asuhnya takluk 1-2 dari Liverpool pada pekan ke-13 Liga Inggris di Stadion Anfield, Kamis (17/12) dini hari WIB.

Mourinho menyalahkan Klopp dan staf pelatih Liverpool terkait keputusannya menarik keluar Giovani Lo Celso. Gelandang asal Argentina itu ditarik keluar dan digantikan Lucas Moura pada menit ke-58.

Mourinho beralasan pergantian pemain ini harus dilakukan agar Lo Celso tidak terkena kartu merah. The Special One menilai anak asuhnya itu bisa diusir wasit karena Klopp dan stafnya kerap melakukan protes keras yang dinilainya berlebihan.

 

“Kami melakukan perubahan taktik untuk memberi Gio Lo Celso lebih banyak ruang dari kanan untuk menguasai bola dan menemukan situasi serangan balik. Di mana kami dengan cepat melakukan dalam 10 menit pertama,” kata Mourinho seperti dilansir Daily Mail.

“Dengan kartu kuning dan perilaku mereka di pinggir lapangan, memberikan tekanan luar biasa, saya khawatir akan kemungkinan mendapat kartu kuning kedua. Gio tepat bermain di bangku cadangan mereka, area yang sangat berbahaya. Saya takut dan saya harus menariknya keluar,” ia melanjutkan.

Keluarnya Lo Celso berpengaruh pada permainan Tottenham yang mengandalkan serangan balik. The Lilywhites kehilangan pemain kreatif yang bisa memberikan umpan-umpan kejutan di area pertahanan lawan.

Lo Celso merupakan kreator gol penyama kedudukan Tottenham yang dicetak Son Heung Min. Sebelum gol itu, The Reds bisa unggul lebih dulu berkat gol yang dijaringkan Mohamed Salah.

Hasil itu membuat Liverpool naik ke puncak klasemen dengan mengoleksi 28 poin. Tim kota pelabuhan unggul tiga poin atas Tottenham yang harus turun ke peringkat kedua dengan mengemas 25 poin dari 13 laga.Skor imbang 1-1 antara kedua tim berlangsung hingga pengujung babak kedua. Saat duel Liverpool vs Tottenham diperkirakan bakal imbang, Roberto Firmino mencetak gol yang menentukan kemenangan tuan rumah pada menit ke-90.