Wasit Rasial Coltescu: Ya Saya Bilang Negro

Wasit keempat Sebastian Coltescu mengaku memanggil asisten pelatih Istanbul Basaksehir Pierre Webo dengan sebutan ‘negro’ pada laga Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes, Selasa (8/12) malam waktu setempat.

Kontroversi mogok main yang dilakukan para pemain PSG dan Istanbul bermula pada menit ke-14, sejumlah pemain cadangan dan ofisial memprotes keputusan wasit Ovidiu Hategan yang tidak memberi pelanggaran untuk Man United.

Coltescu yang bertindak sebagai wasit keempat kemudian meminta Hategan untuk memberi kartu merah kepada Webo, karena dianggap melakukan protes berlebihan. Namun, cara Coltescu meminta Webo diusir membuat ofisial dan para pemain Istanbul murka.

 

Webo dan para pemain Istanbul menganggap Coltescu bertindak rasial dengan menyebut asisten pelatih asal Kamerun itu dengan sebutan ‘negro’.

“Kami memprotes sebuah pelanggaran, ada empat atau lima dari kami di bangku cadangan yang melakukan protes, dan wasit keempat [Coltescu] mengatakan ‘usir negro itu dari lapangan’. Itu luar biasa,” ujar Webo kepada Onda Cero dikutip dari Marca.

Dalam video yang diperlihatkan Optus Sport melalui YouTube, Coltescu mengakui menyebut Webo dengan sebutan ‘negro’. Namun, wasit asal Rumania itu membantah sebutan itu digunakan untuk bertindak rasial.

“Negro artinya hitam, hitam. Kamu tahu? Pemain hitam, pemain hitam. Saya mengatakannya, saya bilang itu,” ujar Coltescu kepada match commissioner.

Webo juga terlihat murka ketika mendengar perkataan Coltescu. Sebelum mendapat kartu merah dari wasit Hategan, Webo dengan berteriak mengatakan, “Kenapa kamu bilang negro, kenapa kamu bilang negro.”

Salah satu pemain Istanbul dan melakukan konfrontasi dengan Coltescu adalah Demba Ba. Mantan penyerang Chelsea itu mempertanyakan penggunaan kata Coltescu.

“Ketika kamu memanggil orang kulit putih, kamu bilang ‘orang ini’, kamu tidak pernah bilang ‘orang kulit putih ini’. Dengarkan saya. Kenapa ketika kamu memanggil orang kulit hitam, kamu harus bilang ‘orang kulit hitam ini’,” ucap Ba.

UEFA sudah memastikan duel PSG vs Istanbul Basaksehir akan dilanjutkan dini hari nanti, Kamis (10/12). UEFA akan menginvestigasi tuduhan rasial yang dilakukan Coltescu.