10 Harga Motor Listrik yang Beredar di Indonesia

TEMPO.COJakarta -Kehadiran motor listrik saat ini menjadi alternatif pilihan karena penghematan mencapai 50 persen dibandingkan kendaraan konvensional alias yang memakai bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu, menggunakan kendaraan listrik disebut bisa membantu penghematan subsidi hingga Rp 600 miliar per tahun. Namun demikian, harga motor listrik dan ketersediaan fasilitas Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum disingkat SPKLU maupun penukaran baterai umum (SPBKLU) masih menjadi alasan utama masyarakat enggan berpindah ke motor listrik.

Beberapa Merek Motor Listrik Serta Harganya

1. Gesits

Dilansir dari laman resmi Gesits, motor listrik Gesits memiliki tenaga listrik dengan daya motor 5KW dengan jenis baterai Lithium-ion 72 Volt/20 Ah. Dalam sektor pengisian daya, motor listrik Gesits membutuhkan waktu 3-4 jam.

Motor listrik ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilomter untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda. Harga motor listrik Gesits dibanderol di angka Rp 28 jutaan.

2. Volta

PT Volta Indonesia Semesta juga meluncurkan motor listrik Volta 401 dengan menerapkan Battery Replacement System alias Sistem Ganti Baterai (SGB).

Motor listrik ini mengandalkan baterai 60V20Ah Lithium-ion dengan motor bertenaga 1,5 KW. Adapun pengisian dayanya membutuhkan waktu 6-8 jam. Dilansir dari laman resminya, harga motor listri Volta 401 berkisar mulai dari Rp 15,7 juta.

3. ECGO 2

Motor listrik ECGO-2 pertama kali meluncur di GIIAS 2019. Motor listrik ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 11 juta.

Motor listrik ECGO mampu melaju maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh 70 km. Menariknya, motor listrik ini menawarkan konsep sewa baterai kepada para pembelinya dengan harga Rp 95 ribu per 30 hari.

4. Viar Q1

Merek motor listrik di Indonesia berikutnya adalah Viar Q1. Motor ini kerap menjadi armada layanan transportasi online Grab dalam setahun terakhir.

Motor listrik Viar Q1 menggunakan baterai Lithium-Ion 60v 23 Ampere dengan tenaga penggerak 800 Watt. Waktu pengecasannya membutuhkan 4-5 jam.

Motor listrik dengan jarak 60 kilometer dengan kecepatan maksimal 60 km/jam ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 18 jutaan.

5. Selis

Merek Selis tipe E-Max dapat menjadi pilian sepeda motor listrik Anda. Motor listrik ini dilengkapi dengan Baterai SLA 60 Volts 25 AH dengan tenaga penggerak 1.200 Watt.

Motor listrik ini memiliki kecepatan 50 km/jam. Jika terisi penuh motor listrik Selis tipa E-Max dapat menempuh jarah 120 km.

Dilansir dari laman resminya, harga motor listrik ini adalah Rp 28 juta untuk baterai ganda dan Rp 22 juta untuk baterai tunggal.

6. United T1800

Motor listrik United T1800 CM dibekali dua unit baterai dengan klaim jarak tempuh maksimal 130 km. Motor listrik ini dilengkapi dengan 3 kecepatan yang bisa disesuaikan, yaitu 50 km/jam, 60 km/jam, 65 km/jam, dan 70 km/jam.

United T1800 Standar dibanderol Rp 27,5 juta dengan satu baterai. Sedangkan T1800 CM sebesar Rp 33,5 juta dan T1800 TM sebesar Rp 34,25 juta dengan dua baterai.

7. Alva One

Motor listrik Alva One memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 Tk) dan torsi maksimum 46 Nm.

Motor listrik ini dibekali dengan baterai lithium berkapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Lama pengisian motor listrik ini sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh.

8. Katalis Spacebar EVO

Katalis Spacebar EVO motor listrik buatan dalam negeri. Salah satu daya tariknya ialah desain bodinya yang terasa orisinil. Bodinya memiliki bentuk mengotak dan hampir seluruh bagiannya tertutup panel.

Bentuknya mengingatkan pada motor-motor perang zaman dulu, padahal motor ini boleh dibilang ada skuter yang cukup mungil. Aspek kepraktisan mendapat perhatian cukup baik. Hal itu terlihat dari adanya semacam rak di bagian depan dan belakang kendaraan.

Dengan begitu pengendara akan dimudahkan ketika harus membawa barang saat bepergian
Di atas kertas motor ini memiliki jarak tempuh maksimal 60 km dengan kecepatan maksimum 50 km per jam. Katalis Mobility memili harga Rp68.000.000

9. Quest Atom Alpha

Julukan motor listrik murah cukup pantas untuk diberikan kepada Quest Atom Alpha yang dijual Rp17 jutaan. Produk ini merupakan salah satu contoh motor listrik buatan dalam negeri yang hadir dengan konsep dimensi ringkas dan simpel.

Terkait banderolnya yang murah, Quest Motors memang memiliki visi menghadirkan motor listrik harga terjangkau. Pasalnya jika ditinjau dari segi teknis, motor listrik memiliki komponen yang jumlahnya lebih sedikit.

Quest Motor memiliki halaman di sebuah marketplace. Pada saat artikel ini dibuat, Atom Alpha terpantau dijual Rp17.500.000.

10. Gesits G1

Motor listrik yang dijual di Indonesia rasanya tak lengkap jika belum mengulas Gesits. Motor ini merupakan salah satu motor listrik buatan dalam negeri yang paling terkenal. Pada saat ini motor listrik Gesits dibuat oleh perusahaan bernama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA).

Perusahaan tersebut merupakan joint venture antara PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi dengan PT GESITS Technologies Indo sejak 2018 lalu. Sejak saat itu pula hanya ada satu model motor listrik Gesits yang dilepas ke pasar dengan harga sekitar Rp28.970.000 on the road DKI Jakarta.

Hal menarik dari motor listrik Gesits ialah mampu menggendong dua unit baterai. Untuk satu baterainya bisa digunakan berkendara hingga 50 km.

Namun, untuk mendapatkan baterai ekstra tersebut maka pemilik harus membelinya lagi dengan harga sekitar Rp 8,5 jutaan. Performa motor listrik Gesits di jalan raya umum cukup bisa diandalkan dengan kecepatan maksimum hingga 70 km per jam.