16 Besar Euro 2020: Kroasia Bakal Buat Spanyol Gelisah

 

Timnas Kroasia menyatakan akan berupaya melakukan menguasai bola sebanyak mungkin dalam pertandingan melawan Spanyol di babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021).

Menurut penjaga gawang Kroasia, Dominik Livakovic, taktik itu bakal menjadi salah satu cara untuk membuat Spanyol frustrasi ketika bertanding.

“Kita harus menguasai bola sebanyak mungkin dan membuat mereka (Spanyol) semakin gelisah karena mereka tidak suka bermain dengan tim yang melakukan hal itu. Memang hal itu bakal sulit tetapi di tahap ini hanya tim terbaik yang bertahan,” kata Livakovic dalam jumpa pers di pusat pelatihan timnas Kroasia di Rovinj, seperti dilansir Reuters.

 

Di babak penyisihan grup, Kroasia tidak selalu menang. Mereka kalah 0-1 dari Inggris dan bermain imbang 1-1 dengan Republik Ceko.

Kroasia baru merasakan kemenangan di fase grup saat menumbangkan Skotlandia dengan skor 3-1 di pertandingan terakhir fase grup.

“Babak gugur seolah seperti kejuaraan baru dan meskipun mereka berisi pemain bintang, saya tetap yakin mereka akan tetap waspada,” kata Livakovic.

Kroasia sempat dikalahkan Spanyol 0-6 dalam laga tandang ajang Nations League 2018-2019. Namun, mereka berbalik mengalahkan Spanyol 3-2 saat bertanding di kandang.

“Kami melawan salah satu tim terkuat di kejuaraan yang mempunyai permainan cepat dan penuh energi, mereka membuktikan kelasnya saat melawan Slovakia,” kata pelatih Kroasia, Zlatko Dalic.

Soccer Football - Euro 2020 - Group E - Slovakia v Spain - La Cartuja Stadium, Seville, Spain - June 23, 2021 Spain's Sergio Busquets in action with Slovakia's Juraj Kucka Pool via REUTERS/Javier SorianoAksi kapten timnas Spanyol, Sergio Busquets saat menghadapi Slovakia di Euro 2020 (Euro 2021). (Pool via REUTERS/JAVIER SORIANO)

Dalic mengatakan pertandingan dengan Spanyol bakal berlangsung ketat. Namun, dia tidak khawatir karena para pemainnya pernah mengalahkan Spanyol.

“Kita harus membawa permainan kepada mereka dan terus mengadang jika Spanyol terus menekan supaya bisa lolos ke perempat final. Dukungan para pendukung di Copenhagen akan menjadi keuntungan kami,” kata Dalic.

Pertandingan Kroasia vs Spanyol dijadwalkan digelar pada Senin (28/6) mendatang. Kick off dijadwalkan digelar pukul 23.00 WIB.