3 Drama Saat Italia Singkirkan Belgia

Sejumlah drama muncul di laga Italia vs Belgia yang berakhir dengan skor 2-1 pada perempat final Euro 2020 (Euro 2021) di Allianz Arena, Munchen, Sabtu (3/7) dini hari WIB.

readyviewed Italia berhasil unggul lebih dulu di pertandingan ini. Nicolo Barella membobol gawang Thibaut Courtois setelah mengecoh dua pemain Belgia pada menit ke-31. Setelah itu Lorenzo Insigne menempatkan namanya di papan skor pada menit ke-44.

Namun, Belgia bisa menyamakan kedudukan pada masa injury time babak pertama untuk membuat skor menjadi 1-2. Pelanggaran Giovanni Di Lorenzo kepada Jeremy Doku di kotak penalti membuat wasit menghadiahi tendangan dari titik 12 pas yang dieksekusi secara sempurna oleh Romelu Lukaku.

 

Berikut tiga drama yang terjadi di laga Italia vs Belgia pada perempat final Euro 2020:

1. Gol Bonucci Dianulir

Italia sebenarnya mampu membobol gawang Belgia sebelum gol yang dicetak Barella. Gol itu diciptakan oleh bek tengah, Loenardo Bonucci pada menit ke-13.

Italy's Nicolo Barella, left, celebrates after scoring his team's first goal during the Euro 2020 soccer championship quarterfinal match between Belgium and Italy at the Allianz Arena in Munich, Germany, Friday, July 2, 2021. (Stuart Franklin/Pool Photo via AP)Para pemain Belgia kehilangan fokus sebelum terciptanya gol Nicolo Barella di laga Belgia vs Italia. (AP/Stuart Franklin)

Bonucci membobol gawang Courtois memanfaatkan umpan bola mati dari Insigne. Pemain Napoli itu mengirimkan umpan matang ke kotak penalti yang mengenai Di Lorenzo dan kemudian didorong Bonucci menggunakan paha untuk menggetarkan gawang Belgia.

Bonucci lantas berlari ke arah pendukung Italia untuk merayakan golnya. Namun, gol itu dianulir oleh wasit Slavko Vincic setelah Video Assistant Referee (VAR) memperlihatkan Bonucci dalam posisi offside karena bola lebih dulu mengenai bagian tubuh Di Lorenzo sebelum gol tercipta.

2. Pemain Belgia Kehilangan Fokus

Drama lain terjadi tepat sebelum Italia mencetak gol pertama melalui Barella. Hal ini lantaran pemain Belgia kehilangan fokus sebelum gol tercipta.

Para pemain De Rode Duivels sempat ragu-ragu setelah terjadi insiden yang melibatkan Ciro Immobile dengan pemain belakang Belgia. Bek Belgia Thomas Vermaelen malah sibuk memperhatikan Immobile yang terkapar di kotak penalti.

Di sisi lain rekannya Jan Vertonghen coba membuang bola dari kotak penalti tetapi tak sempurna dan malah mengarah ke Marco Veratti.


3. Penalti Belgia
Pemain Paris Saint-Germain itu dengan tenang mengirimkan umpan pendek ke Barella. Barella lalu mengecoh dua pemain belakang Belgia yang diakhiri dengan tendangan keras ke pojok kanan gawang Courtois.

Drama terakhir terjadi saat Giovanni Di Lorenzo melakukan pelanggaran yang tidak perlu dengan mendorong Jeremy Doku di kotak penalti Gli Azzurri. Pemain Napoli itu dengan sembrono mendorong Doku yang sebenarnya dalam posisi tidak ideal untuk bisa mengirimkan umpan berbahaya di kotak penalti.

Pelanggaran itu membuat suka cita Italia karena readyviewed bisa unggul 2-0 setelah Insigne membobol gawang Belgia hanya berlangsung sesaat. Lukaku yang maju sebagai eksekutor penalti dengan tenang melepaskan tendangan ke arah tengah untuk mengecoh Gianluigi Donnarumma.

Kesalahan yang dibuat Di Lorenzo itu bukan hanya membuat skor berubah jadi 2-1. Gol yang dibuat Lukaku juga membuat skuad asuhan Roberto Mancini waswas sepanjang pertandingan.

 

Tags :