3 Kunci Italia Lolos ke Perempat Final Euro 2020

 

Timnas Italia lolos ke perempat final Euro 2020 (Euro 2021). Berikut kunci keberhasilan Italia menaklukkan Austria.

Italia mengakhiri laga lawan Austria dengan kemenangan tipis 2-1. Hasil ini membawa Italia lolos ke delapan besar dan bakal berhadapan dengan pemenang duel Belgia vs Polandia.

Berikut tiga kunci kemenangan Italia atas Austria:

 

1. Pergantian Pemain yang Tepat

Roberto Mancini membuktikan ucapannya bahwa seluruh pemain yang ada dalam skuadnya punya kedudukan yang sama. Mancini tak gentar menarik keluar pemain bintang macam Marco Verratti atau Ciro Immobile.

Keputusan memainkan Federico Chiesa dan Matteo Pessina terbukti tepat lantaran mereka yang pada akhirnya mencetak gol kemenangan.

Austria's David Alaba, left, and Italy's Andrea Belotti shake hands following the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between Italy and Austria at Wembley Stadium, London, Saturday, June 26, 2021. (Laurence Griffiths/Pool Photo via AP)Andrea Belotti jadi salah satu pemain yang memberikan energi tambahan untuk Italia di babak perpanjangan waktu. (AP/Laurence Griffiths)

2. Stamina yang Lebih Baik

Rotasi pemain yang dilakukan Mancini pada akhirnya berpengaruh pada konsentrasi dan daya tahan fisik pemain-pemain Italia. Bukan hanya di laga lawan Austria, di babak penyisihan, Italia juga sudah menerapkan strategi rotasi sehingga kebugaran tubuh Italia terlihat berada di level yang lebih baik.

Terbukti di babak perpanjangan waktu, Italia bisa kembali agresif setelah sebelumnya sempat ditekan habis-habisan di babak kedua. Gol pertama dan kedua Italia pun tak lepas dari kelengahan bek-bek Austria yang sebelumnya begitu disiplin menjaga penyerang-penyerang Italia.

Italia tak bisa memungkiri bahwa mereka diuntungkan keberadaan teknologi VAR di Euro 2020 (Euro 2021). Gol Marko Arnautovic ke gawang Italia di menit ke-65 hanya benar-benar tipis batasnya sebagai offside.3. Keberuntungan Lewat VAR

Lantaran wasit Anthony Taylor menganulir gol tersebut, Italia bisa mengakhiri laga di waktu normal dengan skor imbang tanpa gol. Italia pun akhirnya mencuri peluang dan menang lewat dua gol di babak perpanjangan waktu.

Tags :