3 Tim Sempurna di Fase Grup Euro 2020

Hanya ada tiga tim yang mampu mengakhiri babak fase grup Euro 2020 (Euro 2021) dengan nilai sempurna yaitu timnas Italiatimnas Belgia, dan timnas Belanda.

Belanda dan Belgia menyusul Italia mencatat hasil sempurna di laga penyisihan. Belanda menang 3-0 atas Makedonia Utara sedangkan Belgia menaklukkan Finlandia dengan skor 2-0.

Di luar tiga tim tersebut, tak ada lagi tim yang mampu mencatat hasil sempurna di sisa laga.

 

Berikut perjalanan tiga tim sempurna di babak penyisihan Euro 2020 (Euro 2021):

1. Italia

Italia berhasil mengakhiri perjalanan di babak penyisihan Euro 2020 dengan hasil sempurna. Tak hanya itu, penampilan Italia juga terbilang impresif.

Italia mampu memukul Turki dan Swiss dengan skor meyakinkan 3-0. Kemenangan di dua laga awal itu sudah membuat Italia mengunci tiket 16 besar.

Italy players celebrate their 1-0 win at the end of the Euro 2020 soccer championship group A match between Italy and Wales, at the Rome Olympic stadium, Sunday, June 20, 2021. Italy won 1-0. (AP Photo/Alessandra Tarantino, Pool via AP)Italia lolos ke 16 besar dengan status tak pernah kebobolan. (AP/Alessandra Tarantino)

Di laga terakhir lawan Wales, Roberto Mancini memilih melakukan rotasi dan mengistirahatkan pemain utama. Italia tetap tampil perkasa dan mengakhiri laga dengan kemenangan 1-0.

Bukan sekadar mencatatkan kemenangan di tiga laga, Italia juga tak kebobolan di fase penyisihan grup.

Secara keseluruhan, Italia sudah mencatat 30 laga tak terkalahkan dan meraih 11 kemenangan beruntun tanpa pernah kebobolan.

2. Belgia

Sebagai tim peringkat nomor satu dunia, Belgia berhasil membuktikan kualitas mereka di fase grup Euro 2020 (Euro 2021). Di laga perdana, Belgia bisa mengatasi tekanan tuan rumah Rusia dan menang dengan skor 3-0.

Kehebatan Belgia makin teruji di laga kedua lawan Denmark di Copenhagen. Kembali bermain dengan tekanan pendukung tuan rumah plus lebih dulu tertinggal di awal laga, Belgia bisa menang dengan skor 2-1 di akhir pertandingan.

Belgium's Romelu Lukaku celebrates scoring a goal that was later disallowed, during the Euro 2020 soccer championship group B match between Finland and Belgium at Saint Petersburg Stadium in St. Petersburg, Russia, Monday, June 21, 2021. (Anatoly Maltsev/Pool Photo via AP)Romelu Lukaku tampil bagus di babak penyisihan Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Anatoly Maltsev)

Pada duel terakhir lawan Finlandia, readyviewed Belgia pun bisa keluar dari situasi sulit dan menang 2-0 lewat gol di 20 menit akhir pertandingan.

Selain sukses Belgia meraih hasil sempurna Romelu Lukaku jadi salah satu pemain paling menonjol di balik kesuksesan tersebut.

Lukaku punya andil penting di balik tiga kemenangan yang diraih oleh Belgia. Lukaku sendiri sudah mencetak tiga gol dan jadi salah satu pesaing serius dalam perburuan gelar pencetak gol terbanyak Euro 2020 (Euro 2021).

3. Belanda

Meski datang dengan kondisi tim tak lengkap lantaran Virgil van Dijk harus absen, Belanda bisa membuktikan bahwa mereka layak diwaspadai di Euro 2020 (Euro 2021).

Di laga perdana, Belanda memang mengalami kesulitan saat menghadapi perlawanan Ukraina. Belanda sempat membuang keunggulan dua gol sebelum akhirnya bisa menang 3-2.

Georginio Wijnaldum, Memphis Depay dan Denzel Dumfries jadi pemain yang menonjol dari skuad Belanda dalam perjalanan mereka di babak penyisihan.Penampilan Belanda lebih solid di dua laga berikutnya. Mereka bisa menang 2-0 atas Austria dan 3-0 atas Makedonia Utara.

 

 

Tags :