4 Fakta Dion Cools: Bek Kelas Liga Champions, Siap Bela Malaysia di Piala AFF

Malaysia akan segera diperkuat bek kelas Liga Champions, Dion Cools, jelang laga pemungkas Grup B Piala AFF 2020 kontra Timnas Indonesia pada Minggu (19/12). Tentu, ini menjadi sinyal bahaya bagi skuad ‘Garuda’.

Dion Cools adalah sosok yang patut diwaspadai Timnas Indonesia. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu tengah memperkuat tim Denmark, FC Midtjylland.

Sebelumnya, Cools tercatat pernah membela salah satu raksasa Belgia, Club Brugge sejak 2015. Bahkan, dirinya sukses meraih trofi Liga Belgia di musim perdananya itu.

Lantas, apa saja fakta dari pemain bernama lengkap Dion-Johan Cools itu?

1. Pemain Naturalisasi

Dion-Johan Cools. Foto: Instagram/@famalaysia

Cools lahir di Kuching, Malaysia, pada 4 Juni 1996. Darah Melayu dia dapat dari ibunya yang merupakan warga negara Malaysia. Hal itu juga yang memuluskan langkah sang bek ke tim senior ‘Harimau Malaya’.

Dion Cools pertama kali diperkenalkan Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) pada Juni 2021. Ia masuk dalam skuad ‘Harimau Malaya’ untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 di Dubai, UAE.

“Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM), hari ini secara resmi memperkenalkan pemain berdarah Malaysia-Belgia, Dion Cools, sebagai pemain ke-26 di skuad ‘Harimau Malaya’ untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023 di Dubai, UAE, 3-15 Juni 2021,” tulis pernyataan FAM, pada Juni 2021.

2. Sempat Membela Timnas Kelompok Umur Belgia

Dion Cools sejak kecil sudah berkiprah di sepak bola Belgia. Ia menimba ilmu bersama tim muda Tempo Overijse di usia 9 tahun. Kemudian, ia menapaki tangga karier bersama tim muda Belgia lainnya, RSC Anderlecht dan Oud-Heverlee Leuven.

Ia kemudian berkesempatan membela salah satu raksasa Belgia, Club Brugge, pada 2015. Namanya pun mulai harum sejak saat itu.

Sementara, Cools tercatat pernah membela Timnas Belgia kelompok umur mulai dari U-18 (2 laga), U-19 (8 laga), dan U-21 (18 laga).

Bersama Belgia U-21, Cools juga punya pengalaman merumput di ajang bergengsi sekelas Euro U-21 pada 2019. Namun, karena ia belum pernah membela tim senior Belgia, maka Cools bisa memilih Malaysia lewat jalan naturalisasi berkat darah dari sang ibu.

3. Bek Kelas Liga Champions

Dion-Johan Cools. Foto: Instagram/@djcools21

Cools sejatinya merupakan bek kelas Liga Champions. Menurut statistik Transfermarkt, Cools punya sembilan penampilan di Liga Champions.

Musim lalu, Cools bermain di tiga laga Grup D Liga Champions melawan Ajax Amsterdam (dua kali) dan Liverpool. Sementara, penampilan lainnya di Liga Champions ia lakoni saat berseragam Club Brugge.

Sementara, musim ini ia sempat bermain dalam 3 laga kualifikasi Liga Champions bersama FC Midtjylland. Ia melawan Celtic dan PSV Eindhoven (dua kali).

4. Pemain Versatile

Dion Cools sejatinya adalah seorang bek kanan. Namun, dirinya membuktikan kapasitasnya sebagai pemain serba bisa.

Melihat datanya saat bermain untuk Club Brugge sejak 2015, Cools tak hanya dipasang sebagai seorang bek kanan. Dirinya kerap juga dipasang sebagai gelandang kanan.

Selain menyisir di sisi kanan, Cools juga bisa menjadi bek kiri hingga gelandang kiri. Bahkan, saat membela Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia pada Juni lalu, ia diplot sebagai seorang bek tengah.

Peran itu juga ia emban saat bermain bersama FC Midtjylland. Ia kerap mengisi posisi gelandang kanan hingga bek tengah.