TEMPO.COJakarta – Bioskop bisa jadi pilihan untuk mengajak anak menonton film. Membawa anak kecil ke bioskop perlu persiapan agar pengalaman menonton pertama Anak menyenangkan.

Anak usia di bawah dua tahun tidak disarankan untuk dibawa nonton film di bioskop. Sebab, bayi masih berusia di bawah 2 tahun, sistem imunitas di dalam tubuhnya belum sempurna.

Melansir laman ibupedia.com bayi si bawah 2 tahun rentan terkena kuman, virus, maupun bakteri ketika berada di lingkungan yang tidak bisa ibu kontrol higienitasnya, termasuk bioskop

Mengutip laman kidspot.co berikut tips membawa anak ke bioskop:

Pilih film yang tepat

Pilihlah film anak yang sesuai dengan usia anak-anak dan waktu penayangannya tidak terlalu lama. Hindari menonton bioskop saat suasana sedang ramai sebab pilihan tempat duduk akan jadi terbatas dan lebih bising.  Sebelum membeli tiket, pilih makanan ringan agar anak tidak bosan berada dalam bioskop.

Beri Tahu Anak Aturan dalam Bioskop

Pastikan anak-anak  mengetahui aturan bioskop yang biasa tentang diam, tetap berada di kursi, dan tidak mengganggu penonton film lainnya. Selain itu, pastikan anak-anak cukup istirahat dan pilih waktu yang sesuai dengan rutinitas. Bila anak rewel saat di dalam bioskop, sebisa mungkin buat suasana hati anak jadi kembalu menyenangkan. Jika tidak, segera tenangkan di luar bioskop agar tidak mengganggu kenyamanan penonton lain.

Mencoba membuat anak-anak duduk diam selama dua jam cukup sulit. Agar anak tak bosan, lewatkan pratinjau dan iklan di awal film. Tanyakan kepada petugas bioskop kapan film akan dimulai dan jangan masuk ke teater sampai iklan berakhir.

Pilih kursi dekat lorong

Bila anak rewel akan lebih mudah meninggalkan bioskop bila berada di sekat lorong. Selain itu tips ini juga berguna saat harus lalu lalang keluar bioskop untuk ke toilet.  Untuk pengalaman nonton yang menyenangkan, bawa bantal dari rumah yang bertujuan untuk memangku anak saat film diputar. Pastikan bahwa posisi anak tidak mengganggu pemandangan penonton lainnya.