– Islam Makhachev berhasil tampil gemilang dan mengalahkan Thiago Moises dengan submission. Berikut calon lawan Makhachev berikutnya di UFC.
Kemenangan atas Moises membuat Makhachev makin dekat dengan duel-duel petarung papan atas. Hal itu juga berarti makin membuat Makhachev mendekati harapan Khabib Nurmagomedov yang ingin melihat Makhachev juara UFC di 2022 mendatang.

Sebelum bisa berhadapan dengan pemegang sabuk juara UFC, Makhachev butuh setidaknya 1-2 pertarungan lagi.

Saat ini, Makhachev sudah mengoleksi delapan kemenangan beruntun, hanya kalah dari Charles Oliveira yang membukukan sembilan kemenangan beruntun di kelas ringan.

Berikut calon lawan yang mungkin dihadapi oleh Makhachev di UFC setelah ini:

Learn more

1. Rafael dos Anjos

Islam Makhachev sejatinya sudah sempat dijadwalkan bertemu Rafael dos Anjos di UFC 254 tahun lalu, berbarengan dengan laga Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje. Namun Dos Anjos positif covid-19 sehingga laga diundur.

Sebulan kemudian, laga diundur untuk kedua kalinya, kali ini giliran Makhachev yang jadi alasan pengunduran laga.

Usai pembatalan tersebut, Makhachev sudah sukses mengantongi dua kemenangan.

1. Rafael dos Anjos

Islam Makhachev sejatinya sudah sempat dijadwalkan bertemu Rafael dos Anjos di UFC 254 tahun lalu, berbarengan dengan laga Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje. Namun Dos Anjos positif covid-19 sehingga laga diundur.

Sebulan kemudian, laga diundur untuk kedua kalinya, kali ini giliran Makhachev yang jadi alasan pengunduran laga.

Usai pembatalan tersebut, Makhachev sudah sukses mengantongi dua kemenangan.

Duel Makhachev vs Dos Anjos dua kali batal tahun lalu. (AFP/Christian Petersen)
Kini Makhachev hadir dengan reputasi yang lebih bagus dibandingkan tahun lalu. Dos Anjos yang penasaran duel lawan Khabib bisa melampiaskannya dengan laga lawan Makhachev.

Dos Anjos sendiri masih berhasrat untuk mendapatkan duel perebutan gelar dan laga lawan Makhachev bisa jadi jalan menuju ke sana.

2. Tony Ferguson

Tony Ferguson adalah salah satu lawan yang diincar oleh Islam Makhachev sejak lama. Makhachev sudah menegaskan tekadnya untuk menuntaskan duel terkutuk antara Ferguson vs Khabib yang tidak pernah terwujud.

Ferguson saat ini tak punya daya tawar yang bagus di UFC seiring tiga kekalahan beruntun dari Justin Gaethje, Charles Oliveira, dan Beneil Dariush.

Menerima laga lawan Makhachev adalah pilihan yang masuk akal. Ferguson yang selama ini dikenal sebagai petarung tak kenal takut bakal antusias menyambut duel lawan murid Khabib ini.

Tony Ferguson sedang dalam performa buruk saat ini. (USA TODAY Sports/Troy Taormina)
Makhachev bahkan menyebut nama Ferguson sebagai lawan yang ingin dihadapi olehnya di antara sekian penantang lain.

“Bila mereka membiarkan saya memilih, biarkan duel dengan Tony karena kami punya sejarah dengannya. Khabib seharusnya bertarung lawan Tony sebanyak 5-6 kali, jadi mari tuntaskan ini.”

“Saya akan menunjukkan pada publik bahwa Tony tidak berada di level Khabib,” ujar Makhachev.
3. Justin Gaethje
Justin Gaethje adalah nama petarung papan atas yang mungkin juga disandingkan dengan Makhachev. Namun Gaethje sudah lama tak bertarung sehingga bila Makhachev dan Gaethje disandingkan, kemungkinan besar duel bakal berlangsung dalam waktu dekat.

Makhachev sudah menyebut nama Gaethje sebagai salah satu lawan yang ingin ia hadapi sejak meraih kemenangan submission atas Drew Dobber.

Lihat Juga :

ANALISIS
Islam Makhachev, Alasan Lain Khabib Pensiun dengan Tenang
4. Michael Chandler

Michael Chandler, seperti halnya Justin Gaethje, juga muncul sebagai nama yang mungkin dihadapi oleh Makhachev. Berkat dua kemenangan beruntun lewat submission, jalan Makhachev untuk mendapatkan duel papan atas memang terlihat lapang.

Chandler, seperti halnya Gaethje, sama-sama lebih sering mengandalkan duel standing fight. Bagi Makhachev, lawan dengan tipe seperti itu adalah lawan yang mudah ditaklukkannya.

Michael Chandler kalah dari Charles Oliveira dalam duel perebutan gelar. (USA TODAY Sports/Troy Taormina)
“Kalian tahu kenapa mereka selalu memukul sepanjang laga? Karena mereka tidak punya kemampuan bergulat, mereka tak bisa melakukan grappling. Itulah alasannya.”

“Saya bisa memukul, saya bisa bergulat lebih baik dibanding orang-orang di divisi ini. Saya punya kemampuan grappling lebih baik. Itulah alasan mereka akan kabur,” ujar Makhachev.

5. Beneil Dariush

Beneil Dariush adalah salah satu petarung kelas ringan yang tengah menapaki jalan ke atas. Kemenangan lawan Tony Ferguson membuat Dariush kini juga bakal mulai terlibat dalam duel papan atas dalam laga berikutnya.

Lihat Juga :

Petisi Ulang Final Euro Berpeluang Dibahas Parlemen Inggris
Bos UFC Dana White menginginkan duel Makhachev vs Dariush. Dariush juga tengah naik daun karena menang di tujuh laga terakhir.

“Beneil adalah petarung yang sangat bagus. Bila UFC mempertemukan saya dengan Beneil, itu akan jadi duel yang bagus.”

“Dia tangguh, lebih kuat dibandingkan tiga petarung yang saya tantang sebelumnya.”