5 Calon Pengganti Ronald Koeman jika Dipecat Barcelona

 

Posisi pelatih Ronald Koeman di Barcelona belum aman. Berikut sejumlah calon pengganti Ronald Koeman jika dipecat Barcelona.

Laporan dari Spanyol menyebutkan, Presiden Joan Laporta akan membahas masa depan Koeman di Blaugrana pada Selasa (25/5) waktu setempat.

Dalam dua musim di Barcelona, Koeman hanya bisa memberikan satu trofi untuk klub asal Catalunya itu: gelar Copa del rey 2020/2021.

Hanya saja, capaian itu dianggap belum sepadan bagi Koeman untuk lebih lama melatih Barcelona. Ditambah lagi, performa Barcelona justru merosot menjelang musim berakhir yang membuat Blaugrana kehilangan kesempatan juara Liga Spanyol.

Hanya saja, dikutip dari Mundo Deportivo, Barcelona harus membayar kompensasi sebesar 8 juta euro atau setara dengan Rp140,5 miliar jika mendepak Koeman pada akhir musim ini.

Al Sadd SC Manager Xavier Hernndez Creus, also known as Xavi, speaks to the media after receiving the Asian Football Confederation (AFC) Men's Player of the Year 2019 award in place of absentee Akram Afif, during a press conference after the AFC Annual Awards ceremony in Hong Kong on December 2, 2019. (Photo by Philip FONG / AFP)Xavi Hernandez kerap disebut sebagai calon pelatih Barcelona. (AFP/PHILIP FONG)

Dengan masa depan yang masih abu-abu, Koeman disebut bakal digantikan sejumlah pelatih anyar. Beberapa pelatih yang pernah terikat dengan Barcelona maupun pelatih baru diklaim bisa melatih di Camp Nou pada musim depan.

5 Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona:

1. Xavi Hernandez

Xavi dianggap layak melatih Barcelona karena dia menjadi salah satu legenda di klub tersebut yang meraih banyak gelar semasa jadi pemain. Dalam setiap bursa transfer pelatih Barcelona, nama Xavi selalu masuk pencalonan.


2. Erik ten Hag
Akan tetapi, Presiden klub Joan Laporta diklaim tidak terlalu yakin dengan kualitas Xavi yang dianggap masih minim pengalaman. Saat ini, pelatih yang dibutuhkan Balugrana adalah yang kaya pengalaman dan berprestasi bersama sejumlah klub besar.

Satu nama lain yang dipertimbangkan jadi pelatih Barcelona adalah Erik ten Hag. Barcelona dan Ajax Amsterdam dianggap memiliki filosofi permainan yang sama, menyerang serta mengandalkan penguasaan bola.

Ten Hag disebut membentuk Ajax kian hebat. Akan tetapi, peluang Barcelona mendapatkan Ten Hag terbilang kecil, karena pelatih asal Belanda itu baru saja memperpanjang kontrak dengan Ajax pada akhir April.

Barcelona masih memendam keinginan membawa pulang Guardiola ke Camp Nou. Guardiola adalah mimpi Laporta. Laporta akan sangat senang jika Guardiola ingin kembali ke Barcelona.

Akan tetapi, saat ini Guardiola masih fokus dengan Manchester City di Liga Champions. Eks pelatih Munchen itu juga berulangkali menyebut tidak akan kembali ke Barcelona.

Akan tetapi, Laporta masih bisa mencoba meyakinkan Guardiola mengenai situasi sulit yang dialami Barcelona saat ini agar pelatih 50 tahun itu benar-benar kembali ke Camp Nou.

Tags :