5 Kunci Liverpool Bisa Gebuk Man City

 

Liverpool perlu melakukan perubahan jika ingin meraih hasil positif saat menjamu Manchester City, Minggu (7/2) malam waktu Indonesia.

readyviewed Liverpool bermodalkan kekalahan 1-0 dari Brighton and Hove Albion di rumah sendiri tengah pekan kemarin. Gol tunggal Steven Alzate cukup untuk membuat The Reds tak berkutik di Anfield.

Kekalahan itu menjadi modal negatif anak asuh Jurgen Klopp jelang melawan Man City. Apalagi The Citizens tengah dalam performa bagus dan kini memimpin klasemen Liga Inggris.

 

Dilansir dari Mirror, Klopp perlu melakukan perubahan untuk menjadi kunci timnya meraih poin penuh saat melawan pasukan Josep Guardiola.

Berikut lima perubahan yang perlu dilakukan Klopp.

1. Kembali Mainkan Alisson

Tak ada alasan untuk tak memainkan kembali Alisson yang absen saat ditekuk Brighton karena sakit. Belakangan dia sudah pulih dan kembali berlatih pada Jumat kemarin.

Namun, Alisson tetap masih yang terbaik di bawah mistar dan kerap membuat para penyerang lawan frustasi.Di sisi lain kiper cadangan Caoimhin Kelleher bisa dibilang bermain baik dan melakukan dua penyelamatan penting di akhir pertandingan untuk menghindarkan Liverpool kebobolan lebih dari satu gol saat lawan Brighton.

2. Rombak Pertahanan

Klopp perlu melakukan racikan lagi di lini belakang mereka, khususnya pada bek tengah. Duet Jordan Henderson dan Nathaniel Phillips sebetulnya bermain bagus saat berhadapan dengan Brighton, namun Liverpool butuh tenaga yang lebih segar.

Kembalinya Fabinho dari cedera merupakan waktu yang tepat. Meski berposisi gelandang akan tetapi Fabinho cakap saat menjadi bek tengah.

Fabinho bisa dipasangkan dengan Henderson, Phillips, Rhys Williams atau dengan pemain baru, Ben Davies atau Ozan Kabar.

Liverpool's manager Jurgen Klopp cheers with Jordan Henderson at the end of the English Premier League soccer match between Liverpool and Brighton at Anfield stadium, in Liverpool, England, Wednesday, Feb. 3, 2021. (Phil Noble/Pool via AP)Jordan Henderson bisa dikembalikan ke posisi aslinya sebagai jenderal lapangan tengah saat lawan Manchester City. (AP/Phil Noble).

3. Rotasi Lini Tengah

Melawan Brighton, The Reds memainkan James Milner, Gini Wijnaldum, dan Thiago di lini tengah.

Namun saat bentrok dengan Man City nanti, Klopp perlu melakukan rotasi di tengah. Henderson bisa dikembalikan sebagai jenderal di lini tengah.

Meski tampil cukup bagus sebagai bek tengah, akan tetapi kembali bermain di posisi alami akan membuat Henderson lebih gembira yang bisa berdampak positif.

 

4. Bertaruh pada Jones

Curtis Jones bermain baik melawan West Ham pekan lalu. Dia hanya butuh kurang dari satu menit setelah masuk dari bangku cadangan untuk membantu gol pembuka Mohamed Salah.

Gol yang kemudian mengubah jalannya permainan dan Liverpool pulang dengan skor meyakinkan 3-1.

Tak ada salahnya bertaruh pada Jones untuk menjadi salah satu pemain di lini tengah. Sebab pemain 20 tahun itu salah satu talenta paling menjanjikan dari akademi Liverpool dalam beberapa tahun terakhir.

5. Trio ‘Firmansah’

Sadio Mane absen saat lawan Brighton. Dia diistirahatkan agar lebih bugar jelang big match lawan Man City.

Kembalinya Mane maka kembali pula trio ‘Firmansah’ pada diri dia dan dua rekannya, Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Mane seperti diketahui punya kemampuan untuk membuka pertahanan dengan penetrasi dan keahliannya mengolah bola. Dia juga tajam di depan gawang.

Tentu saja memainkan kembali Mane bersama Firmino dan Salah setidaknya memberi garansi lini depan Liverpool jadi lebih gahar lagi.