Sejumlah isyarat yang bisa membawa Chelsea juara Liga Champions muncul. Duel Manchester City vs Chelsea di final Liga Champions digelar di Stadion Dragao, Minggu (30/5) dini hari waktu Indonesia.

Chelsea melakoni final Liga Champions ketiga dalam sejarah mereka. Dua final sebelumnya terjadi pada 2009 dan 2012.

Hasil dua final itu berimbang. Pada final Liga Champions 2009, Chelsea kalah adu penalti dari sesama klub Inggris, Manchester United.

 

Akan tetapi, tiga musim berikutnya, The Blues bangkit dengan menumbangkan Bayern Munchen lewat adu penalti.

Dikutip dari ESPN, sejumlah tanda mengisyaratkan tim asuhan Thomas Tuchel itu bisa juara Liga Champions musim ini dengan mengalahkan Man City.

Pasalnya, beberapa sinyal di musim ini menunjukkan kemiripan dengan kesuksesan Chelsea ketika juara Liga Champions 2012.

 

Marseille's Portuguese coach Andre Villas Boas gestures during the French L1 football match between Olympique de Marseille (OM) and Angers SCO at the Velodrome Stadium in Marseille, southern France on January 25, 2020. (Photo by GERARD JULIEN / AFP)Andre Villas-Boas dipecat Chelsea pada pertengahan musim 2011/2012. (GERARD JULIEN / AFP)

5 Tanda Chelsea Juara Liga Champions:

1. Memecat Pelatih

Memecat pelatih pada pertengahan musim ini jadi tanda pertama Chelsea bisa juara Liga Champions. Di musim ini The Blues mendepak Frank Lampard pada akhir Januari lalu menggantinya dengan Thomas Tuchel.

 

Pada 2012, Chelsea juga memecat Andre Villas-Boas sebelum musim 2011/2012 berakhir. Villas-Boas dipecat pada awal Maret, dan digantikan asistennya Roberto Di Matteo.

2. Kalahkan Tim Portugal

Sebelum mencapai babak final, Chelsea lebih dahulu menyingkirkan tim asal Portugal, FC Porto di babak perempat final lewat kemenangan agregat 2-1.

Saat juara Liga Champions 2012, The Blues mengalahkan Benfica yang juga berasal dari Portugal dengan agregat 3-1 di perempat final.

3. Tim Spanyol dan Striker 50 Juta

Di musim ini, Chelsea mengalahkan Real Madrid di babak semifinal dengan kemenangan agregat 3-1. Striker Timo Werner yang dibeli Chelsea dari RB Leipzig dengan harga 57,6 juta poundsterling mencetak satu gol di leg kedua.

Cerita itu sama dengan musim 2011/2012 saat klub asal London ini mengalahkan Barcelona dengan kemenangan agregat 3-2. Di semifinal saat itu, Fernando Torres yang dibeli seharga 52,65 juta poundsterling dari Liverpool mencetak gol pada menit injury time di leg kedua. Gol dramatis di Camp Nou itu menjadikan skor imbang 2-2 di leg kedua dan membuat Chelsea lolos ke final.

Saat Chelsea juara Liga Champions 2012, Manchester City jadi kampiun di Liga Inggris usai menang dengan jumlah selisih gol yang lebih bagus.4. Man City Juara Liga Inggris

Pada musim ini, Man City juga juara Premier League dengan keunggulan 12 poin atas The Red Devils.

5. Conte Juara Liga Italia

Antonio Conte langsung membawa Juventus juara Liga Italia pada musim pertamanya bersama Bianconeri. Itu gelar Serie A pertama Juventus usai empat musim gagal juara.

Secara kebetulan, ketika Chelsea kembali mencapai final Liga Champions di musim ini, Conte juga memenangi Liga Italia, tetapi dengan tim yang berbeda, Inter Milan.

 

Tags :