7 Fakta Kemenangan Belanda Atas Ukraina di Euro

 

Timnas Belanda berhasil menaklukkan timnas Ukraina dengan skor 3-2 di Euro 2020 (Euro 2021). Berikut fakta di balik kemenangan tersebut.

Belanda melalui perjuangan sengit untuk bisa menundukkan Ukraina di Stadion Johan Cruijff, Amsterdam. Sempat unggul 2-0, Belanda dikejutkan oleh dua gol balasan Ukraina.

Namun pada akhirnya readyviewed Belanda bisa tersenyum lewat gol kemenangan yang dicetak Denzel Dumfries di menit ke-85.

 

Berikut tujuh fakta di balik kemenangan Belanda:

1. Laga lawan Ukraina adalah kemenangan pertama Belanda di Piala Eropa setelah terakhir kali mereka menang di Euro 2008. Belanda mengalami nasib tragis sebagai tak pernah menang di Euro 2012 dan tak lolos di Euro 2016.

2. Duel Belanda vs Ukraina merupakan duel dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah Euro saat babak pertama masih berlangsung tanpa gol.

Soccer Football - Euro 2020 - Group C - Netherlands v Ukraine - Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Netherlands - June 13, 2021 Netherlands' Georginio Wijnaldum scores their first goal Pool via REUTERS/John ThysBelanda lebih sering menang saat Georginio Wijnaldum mencetak gol. (Pool via REUTERS/JOHN THYS)

3. Georginio Wijnaldum meneruskan tuah positif ke timnas Belanda. Dengan kemenangan atas Ukraina, itu berarti Belanda memenangkan 18 dari 19 laga ketika Wijnaldum mencetak gol.

4. Kemenangan 3-2 atas Ukraina membuat Belanda untuk ke-10 kalinya mencetak tiga gol atau lebih di Euro.

5. Ukraina mencetak dua gol dalam dua tembakan beruntun ke gawang Belanda. Padahal sebelumnya mereka sempat melepaskan 72 tembakan tanpa membuahkan gol di ajang Euro.

6. Maarten Stekelenburg menjadi pemain tertua yang tampil membela Belanda di kejuaraan besar (Piala Dunia/Piala Eropa) dengan usia 38 tahun, 264 hari. Ia memecahkan rekor Edwin van der Sar yang berusia 37 tahun 236 hari.

7. Stefan de Vrij memenangkan 12 perebutan bola melawan Ukraina. Ini adalah catatan tertinggi yang pernah diraih pemain Belanda sejak Jaap Stam di Euro 2004 ketika melawan Jerman.

Tags :