7 Fakta Menarik Jelang Belgia vs Italia

Pertandingan Belgia vs Italia di perempat final Euro 2020 (Euro 2021) menyajikan beragam fakta menarik dari catatan individu maupun tim. Berikut tujuh fakta menarik jelang Belgia vs Italia.

Kedua tim sama-sama diunggulkan sejak awal penyelenggaraan turnamen. Setan Merah dan Si Biru juga menampilkan performa yang meyakinkan selama fase grup.

Setelah itu Belgia dan Italia meraih kemenangan tipis di babak 16 besar. Italia bahkan harus menjalani babak tambahan untuk mengalahkan Austria 2-1. Sementara Belgia menundukkan juara bertahan Portugal dengan skor 1-

Pemenang dari pertandingan yang akan berlangsung di Jerman ini akan melaju ke semifinal dan bertanding melawan Swiss atau Spanyol.

Pertemuan Belgia dan Italia sudah cukup sering terjadi di berbagai ajang kompetitif. Italia menang 14 kali, sementara Belgia baru menang empat kali. Kedua negara juga pernah meraih hasil imbang dalam empat laga.

Berikut 7 fakta menarik jelang pertandingan Belgia vs Italia di perempat final Euro 2020:

1. Italia dan Belgia terakhir bertemu di fase grup Euro 2016. Saat itu Italia menang 2-0 berkat gol Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle.

Dari skuad lima tahun lalu masih tersisa 10 pemain yang sama di timnas Belgia saat ini. Sementara di kubu Italia hanya empat orang yang tersisa dari Euro 2016.

Sedangkan Italia baru sekali menjadi juara pada 1968 dan selalu gagal dalam dua final terakhir yang diikuti, pada 2000 dan 2012.2. Pencapaian terbaik Belgia di Euro adalah tampil sebagai finalis. Belgia menjadi runner up Euro 1980 ketika kalah dari Jerman Barat.

3. Pertandingan Belgia vs Italia akan berlangsung di Jerman. Di negara pemilik empat gelar juara dunia tersebut, Belgia punya catatan dua kali menang, tiga kali seri, dan sembilan kali kalah.

Sementara Italia mengemas 16 kemenangan di Jerman, serta sembilan kali seri dan tujuh kali kalah. Italia juga pernah merayakan keberhasilan menjadi juara Piala Dunia 2006 di Jerman.

4. Pelatih Belgia, Roberto Martinez, pernah menjadi biang perpisahan Roberto Mancini dengan Manchester City.

 

Pada 2013 Martinez yang masih menangani Wigan Athletic menang 1-0 atas Man City yang dilatih Mancini di ajang Piala FA . Dua hari berselang Mancini meninggalkan Manchester Biru.

5. Di kubu Belgia terdapat dua pemain yang berlaga di Liga Italia, yakni Romelu Lukaku (Inter Milan) dan Dries Mertens (Napoli).

Selain itu ada tiga orang pemain yang pernah merasakan kompetisi Serie A, yakni Thomas Vermaelen (AS Roma), Dennis Praet (Sampdoria), dan Timothy Castagne (Atalanta).

Sementara Italia sudah pernah melakoni 11 adu penalti dengan hasil empat kemenangan dan tujuh kali kalah.6. Pertandingan perempat final Euro 2020 ini bisa berlanjut ke babak adu penalti. Merujuk catatan di turnamen besar, seperti Piala Konfederasi, Piala Eropa, Piala Dunia, Belgia hanya pernah sekali menjalani adu penalti dan menang.

7. Dua pemain dari dua kubu saling bertemu di partai final Liga Champions 2020/2021. Jorginho yang membela Italia turut membawa Chelsea menang atas Man City yang diperkuat gelandang Belgia, Kevin De Bruyne.